2016-09-09    18:05:00   Dibaca : 1929 x

BEM SE DKI JAKARTA SIAP KAWAL PILGUB DKI 2017

Share :
kpujakarta.go.id - Mahasiswa harus aktif mengawal dan menggunakan hak pilih alias tidak golput (Golput) pada saat Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta pada 15 Februari 2017.  Bila cuek atau apatis terhadap proses demokrasi Pilgub, dikhawatirkan terpilih pemimpin yang tidak kita harapkan. Misalnya pemimpin dzolim dan korupsi.

Demikian Anggota KPU DKI Jakarta Dahliah Umar di hadapan BEM Se-Jabodetabek yang mengikuti Sosialisasi Tatap Muka bagi Mahasiswa di Kampus Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Jumat (9/8). Hadir juga nara sumber lain, Anggota KPU DKI Jakarta Betty Epsilon dan Kabag Hupmas KPU DKI Jakarta Sahruni.

Dahliah melanjutkan, KPU DKI Jakarta membutuhkan mahasiswa melakukan syiar kepada masyarakat terutama pemilih pemula agar menjadi pemilih cerdas dan berpartisipasi dalam pemilihan kepala daerah. Sebab, kata Dahliah, pemilih pemula jumlahnya lumayan besar sehingga sangat menentukan perubahan di DKI Jakarta. Mahasiswa harus ikut mensyiarkan agar masyarakat  tahu pentingnya berpartisipasi untuk datang ke TPS dan menentukan pilihan pemimpin sesuai hari nurani, katanya.

Betty Epsilon menjelaskan, bahwa politik adalah seni memperoleh kekuasaan demi kebaikan bersama. Jadi, menurutnya, dari definisi tujuan politik sesungguhnya sangat mulia. Namun, katanya, masyarakat menyaksikan politik  melalui media televisi, koran dan medsos hal yang buruk, konflik, korupsi, tidur dan lain-lain.Oleh karena itu, mahasiswa punya peran untuk meluruskan politik ke definisi aslinya, katanya.

Betty menegaskan, peran mahasiswa atau pemilih pemula, yang punya daya kritis, independen  serta mandiri harus mengawal proses politik agar tidak menyimpang. Sehingga, katanya, proses politik dalam pemilihan kepala daerah menghasilkan pemimpin  yang tidak menyimpang dari tujuan mulia berpolitik.

Betty juga berharap, mahasiswa aktif dan mengajak masyarakat untuk memastikan namanya tercantum dalam daftar pemilih. Dikatakan Betty, petugas PPDP sedang melakukan pencocokan dan mendata daftar pemilih dari rumah ke rumah. Nah saya minta mahasiswa ikut aktif mengawal agar KPU mendapatkan data pemilih yang akurat. Dan Jangan lupa ajak teman dan kabarkan pada masyarakat dan kawan-kawan untuk mencoblos pada 15 Feberuari 2017, katanya.