2016-06-27    09:22:39   Dibaca : 2404 x

KPU DKI Akan Buat Aplikasi Pilgub

Share :

Kpujakarta.go.id-(27/6), KPU DKI Jakarta berencana menggunakan aplikasi di smartphone yang dapat memudahkan masyarakat dalam mengakses pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta tahun 2017. Hari ini, Senin (27/6) KPU DKI Jakarta mengundang sejumlah ahli pembuat aplikasi smartphone untuk mendikusikan detail-detail fitur yang ada dalam aplikasi tersebut.

“Kami ingin membuat 2 aplikasi internal dan eksternal,” kata Ketua KPU DKI Jakarta Sumarno di hadapan para ahli pembuat aplikasi. Turut mendampingi komisioner lain, Dahliah Umar, M. Fadlilah, Betty Epsilon Idroos dan M. Sidiq.

Sumarno menjelaskan, salah satu fitur aplikasi internal adalah menginput formulir C-1 plano dari TPS langsung ke pusat data KPU DKI Jakarta. Kalau memungkinkan, kata Sumarno, teknologi aplikasi itu dapat membaca C-1 plano langsung mengkonversi dalam bentuk data. “Itu mimpi kami, tapi target minimal adalah dapat menyimpan foto C-1 plano utuh,” kata Sumarno.

Sumarno menegaskan, yang dapat menginput  data harus nomor  teregistasi untuk mencegah pengguna tidak sah. Dikatakan, melalui aplikasi juga mencegah salah jalan  perolehan hitungan manual  dari TPS, ke PPS ke PPK hingga ke KPU provinsi. “Kalau ada oknum-oknum yang membelokan suara dapat kami cek melalui C-1 yang ada di data,” paparnya.

Sementara aplikasi eksternal sebuah teknologi yang dapat memudahkan masyarakat dalam mengakses masalah-masalah Pilgub. Misalnya soal daftar pemilih, kata Sumarno, jika masyarakat ingin ngecek namanya sudah terdaftar atau belum cukup klik saja melalu aplikasi.

Melalui aplikasi itu menginfromasikan anda terdaftar di TPS sekian, tapi kalau belum terdaftar ada fitur yang dapat mengingatkan  KPU Provinsi untuk mengecek kembali kepada petugas di lapangan.

“Nanti petugas lapangan diinformasikan bahwa si A kok belum terdaftar apa masalahnya?” tegasnya.

KPU juga ingin agar aplikasi tersebut terkoneksi dengan aplikasi Jakarta smartcity milik Pemrov DKI Jakarta untuk menampung keluhan-keluhan masyarakat tentang Pilgub yang terkait tugas-tugas KPU DKI. (Ful)