2016-08-20    11:45:00   Dibaca : 1617 x

KPU DKI JAKARTA ADAKAN BIMTEK PENGADAAN BARANG DAN JASA

Share :
kpujakarta.go.id - Mulai Kamis ini sampai dengan hari minggu (21/8) di Hotel Ambhara Kebayoran Baru jajaran KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota se-provinsi DKI Jakarta digembleng dengan bimbingan teknis pengadaan barang dan jasa.

Kegiatan ini dimaksudkan untuk memberi pengetahuan yang cukup bagi elemen yang ada di KPU serta siap melakukan kegiatan pengadaan barang dan jasa dalam rangka Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta 2017.

Ketua KPU DKI Jakarta dalam kata sambutannya mengingatkan dalam penyelenggaraan pengadaan barang dan jasa agar memperhatikan prinsip-prinsip dalam pengadaan barang dan jasa. Prinsip-prinsip tersebut adalah tepat jumlah, jenis, kualitas, sasaran, waktu serta efisien. "Prinsip-prinsip tersebut harus diperhatikan di samping juga profesionalisme, jika tidak dijalankan bisa menimbulkan persoalan di kemudian hari" kata Sumarno.

Keenam prinsip tersebut semuanya sangat penting. Panitia pengadaan harus benar-benar meghitung jumlah, memperhatikan spesifikasi, kualitas barang, ketepatan waktu dan sasaran serta efisiensinya.

Meskipun anggaran ada dan berlebih, tetap harus memperhatikan efisiensi dari barang yang diperlukan dan tidak perlu mengadakan sesuatu yang tidak atau kurang diperlukan. Pemerintah melalui Menteri Keuangan pun berupaya untuk memangkas anggaran yang dirasa kurang efisien.

Di samping prinsip-prinsip dasar yang ada tadi,  yang layak dan harus diperhatikan adalah transparansi dan akuntabilitas panitia pengadaan. "Sebab jika pengadaan dilaksanakan tidak transparan dan akuntabel akan membawa publik ke arah ketidak percayaan terhadap penyelenggara dan berakibat publik tidak percaya terhadap hasil dari pemilihan umum secara keseluruhan." imbuh Sumarno.