2016-10-29    14:10:00   Dibaca : 402 x

KPU DKI Jakarta Gelar Deklarasi Kampanye Damai dan Berintegritas

Share :

 


Kpujakarta.go.id-Sabtu (29/10). Komisi Pemilihan Umum DKI Jakarta menggelar Deklarasi Kampanye Damai dan Berintegritas hari ini Sabtu, (29/10) yang diikuti oleh seluruh pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Pilgub DKI 2017 di Silang Barat Daya Monas.

Dalam sambutannya sekaligus menandai pembukaan acara, Ketua KPU Provinsi DKI Jakarta Sumarno mengajak paslon dan pendukung untuk melaksanakan pemilu yang aman, damai dan berintegritas. “Kita ingin Pilkada DKI yang berintegritas dan sebagai miniatur pelaksanaan demokrasi. Oleh karenanya mari kita lakukan dengan sebaik-baiknya. Keberagaman serta perbedaan bukan masalah justru  membuatnya semakin indah”, katanya.

Sumarno juga menegaskan keyakinannya terhadap kekompakan para cagub dan cawagub. Terlihat dari foto selfie yang mereka unggah pasca tes kesehatan beberapa waktu lalu, sempat menjadi viral di sosial media menunjukkan perdamaian dan harus diikuti oleh pendukung sampai akar rumput.

Sebelum deklarasi, KPU DKI menyerahkan Alat Peraga Kampanye dan Bahan Kampanye kepada penghubung paslon.

Pasangan Calon Nomor Urut 1 Agus-Sylvie, Pasangan Calon Nomor Urut 2 Basuki – Djarot dan Pasangan Calon Nomor Urut 3 Anies – Sandi mencetuskan deklarasi dengan disaksikan oleh Ketua dan Anggota KPU Provinsi DKI Jakarta  serta Bawaslu DKI. Berikut isi Deklarasi Kampanye Damai dan Berintegritas:

Kami calon gubernur dan wakil gubernur peserta pemilihan gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta tahun 2017, beserta tim kampanye dan para pendukung. Dengan semangat persatuan, kesatuan, dan persaudaraan, berjanji pada masyarakat Provinsi DKI Jakarta, menyatakan:

1. Siap menciptakan pemilihan gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta tahun 2017 yang demokratis, damai dan berintegritas

2. Mewujudkan kemajuan daerah dan menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan UUD 1945

3. Tunduk dan patuh terhadap peraturan perundang-undangan yang berlaku

4. Siap terpilih dan tidak terpilih

Selanjutnya paslon, Ketua dan Sekretaris Tim Kampanye, Anggota KPU DKI menandatangani prasasti dan menyanyikan lagu Padamu Negeri yang dipandu oleh Artis Ibukota Putri Ayu sambil berpegangan tangan.

 

Komitmen untuk melaksanakan kampanye damai juga ditunjukkan para cagub dn cawagub dengan membuat cap telapak tangan mereka ke papan komitmen yang sudah disediakan KPU.

Acara semakin semarak dengan parade mobil hias. Iring iringan dimulai dengaan mobil hias KPU Provinsi DKI Jakarta dan KPU Kabupaten/Kota, lalu diikuti paslon nomor urut 1, 2 dan 3.