2016-07-18    09:24:53   Dibaca : 2159 x

KPU DKI JAKARTA GELAR SOSIALISASI TAHAPAN PENCALONAN

Share :
kpujakarta.go.id, -   Pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan  Wakil Gubernur DKI Jakarta (Pilgub) semakin dekat.  Tahapan demi tahapan juga sudah  berjalan sesuai jadwal masing-masing.  KPU DKI Jakarta menggelar sosialiasi  tahapan pendaftaran calon Gubernur dan wakil gubernur KPU  DKI Jakarta.
Peserta sosialiasi   pihak terkait tentang Pelaksanaan Pancalonan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta, pimpinan partai politik dan ormas, Kodam Jaya, Polda Metro dan lain-lain.  Tampak hadir Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi dan Wakil ketua DPRD H. Abraham “Lulung” Lunggana. 
Ketua KPU DKI Jakarta Sumarno mengatakan, pihaknya telah melahirkan sejumlah keputusan tentang pelaksaaan tahapan pemilihan gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta, seperti SK tentang pelaksanaan hari-H pemungutan suara, SK tentang syarat minimal dukungan calon perseorangan, SK tentang syarat minimal dukungan  parpol politik, SK tentang pemantau pemilu  dan lain sebagainya.
“Sosialisasi tahapan pencalonan ini sangat penting. Ini bagian dari tugas KPU DKI Jakarta yang diamanatkan oleh Undang-Undang,  yaitu tata cara pencalonan agar tidak terjadi kesalahpahaman dan salah informasi,” terang Sumarno.
Dalam kesempatan itu, Anggota KPU DKI Jakarta Pokja Pancalonan  Dahliah Umar memaparkan secara detail  syarat-syarat pencalonan sesuai dengan regulasi dari Undang-Undang hingga PKPU yang berlaku. Mulai dari syarat  yang pribadi hingga syarat administrasi.
“Syarat yang melekat pada dirinya, misalnya sehat jasmani dan rohani, tidak pernah dipidana. Sedang syarat lain, adalah memenuhi dukungan calon perseorangan dan dukungan parpol. Keduanya melekat satu sama lain,” kata Dahliah juga menjelaskan masalah persyaratan detail lainnya.