2016-06-17    10:07:14   Dibaca : 2089 x

KPU DKI Jakarta Ingin Sosialisasi Tepat Sasaran

Share :

kpujakarta.go.id - Ketua KPU Jakarta Sumarno mengatakan, pihaknya akan melakukan sosialisasi secara masif tahapan demi tahapan pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta tahun 2017 demi memenuhi target partisipasi pemilih  sebesar 77.5 persen  yang dicanangkan KPU-RI.  Berdasarkan survei Puskapol pada Pilgub 2012  tentang sosialisasi ternyata  masih banyak masyarakat yang belum tahu hari ‘H’ pemungutan suara, tidak banyak tahu tahapan dan masyarakat tidak tahu profile calon.

“Berkaca dari hasil survei tersebut, maka seluruh jajaran KPU DKI Jakarta dan KPU Kabupaten Kota, harus lebih giat lagi melakukan sosialisasi secara masif. Kita sudah siapkan anggaran sosialisasi cukup besar,” kata Sumarno, saat membuka Rapat Koordinasi Persiapan dan penyusunan Jadwal Pelaksanaan Sosialisasi dalam rangka penyelenggaraan Pilgub DKI Jakarta, tahun 2017,  Jumat (17/6/2016).
Rapat  mengagendakan singkronisasi jadwal masing-masing KPU Kabupaten/kota dengan KPU Provinsi DKI Jakarta. Rapat membagi dalam beberapa forum diskusi  berdasarkan Pokja (kelompok kerja).
Sumarno melanjutkan, melalui sosialiasai masif, KPU DKI Jakarta  sekaligus melakukan eksperimen apakah terdapat korelasi positif antara sosialisasi dengan peningkatan partisipasi pemilih. Oleh karena itu,  KPU DKI akan memaksimalkan  seluruh  perangkat, seperti website, media sosial, jaringan wartawan dan sebagainya.  “Kita harus siapkan jadwal sebaik mungkin agar sosialisasi  tepat sasaran,” kata Sumarno.
Sumarno juga berjanji akan memberikan apresiasi atau hadiah kepada KPU Kabupaten/kota yang tingkat partisipasi memenuhi atau mendekati target nasional. “Kalau belum bisa memenuhi target nasional ya minimal menembus 75 persen,” katanya.