2016-11-16    17:20:00   Dibaca : 1892 x

KPU DKI JAKARTA KUKUHKAN RELAWAN DEMOKRASI

Share :

kpujakarta.go.id- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi DKI Jakarta menyelenggarakan Pengukuhan dan Bimbingan Teknis (Bimtek) Relawan Demokrasi Rabu, (16/11).

Kegiatan yang diikuti oleh seluruh anggota KPU Kabupaten/Kota di 6 wilayah DKI Jakarta serta relawan demokrasi (relasi) tersebut dilangsungkan di The Hotel Media, Gunung Sahari, Jakarta.

Sebanyak 108 relasi yang berasal dari berbagai elemen masyarakat di DKI Jakarta antara lain, kelompok agama, penyandang disabilitas, kelompok marginal, pemilih pemula, tokoh masyarakat, kelompok nelayan mengucapkan komitmennya untuk mendukung KPU DKI Jakarta dalam meningkatkan partisipasi masyarakat dalam Pilgub DKI secara profesional, netral dan berintegritas. Berikut janji para relawan demokrasi:

Bahwa Saya, akan memenuhi tugas dan kewajiban saya sebagai relawan demokrasi dengan sebaik-baiknya dalam rangka peningkatan partisipasi pemilih pada pemilihan gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta Tahun 2017

Bahwa Saya, dalam menjalankan tugas dan wewenang sebagai relawan demokrasi akan bekerja dengan sungguh-sungguh, imparsial, jujur dan cermat demi tegaknya demokrasi dan keadilan serta mengutamakan kepentingan Negara Kesatuan Republik Indonesia daripada kepentingan pribadi atau golongan.

Dalam sambutannya Ketua KPU Provinsi DKI Jakarta, Sumarno mengungkapkan kebahagiaan dan kegembiraannya terhadap para relasi Pilgub DKI Jakarta. "Para relawan demokrasi adalah agen-agen sosialisasi dan demokrasi. Bagian yang tak terpisahkan dari penyelenggara pemilu - KPU DKI Jakarta untuk memberikan informasi kepada masyarakat pentingnya ikut memilih dalam Pilgub nanti," tambahnya.

KPU DKI Jakarta juga memberikan pembekalan kepada para relawan dengan pemberian materi dan bimbingan teknis seputar persiapan dan pelaksanaan pilkada. Materi tentang tahapan, program dan jadual serta aturan Pilgub DKI dijabarkan oleh Ketua Pokja Sosialisasi Betty Epsilon Idroos serta Ketua Pokja Pemutakhiran Data Pemilih M. Sidik.

Ketua Bidang Logistik M. Fadlillah menambahkan agar para relawan mengingatkan masyarakat memastikan dirinya masuk dlm DPS Pilgub DKI melalui papan pengumuman di PPS dan website pilkada2017.kpu.go.id. DPS yang nantinya ditetapkan menjadi DPT adalah dasar KPU DKI menyediakan logistik Pilgub DKI 2017.