2017-02-06    12:25:00   Dibaca : 3670 x

KPU DKI JELASKAN BERITA SOAL GAMBAR E-KTP ORANG YANG SAMA SEBAGAI PEMILIH

Share :

kpujakarta.go.id.- Jelang Pemilihan Gubernur dan Wakil GUbernur DKI, beredar gambar E-KTP dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan alamat yang berbeda namun memiliki foto orang yang sama di media sosial. NIK  ketiga E-KTP itu terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilkada DKI 2017, masing-masing atas nama Mada, Saidi dan Sukarno.

Ketua Pokja DPT M. Sidik dalam keterangan persnya Sabtu (4/2) menyatakan KPU sudah mengecek langsung pemilik ketiga E-KTP tersebut. KPU Kota Jakarta Utara misalnya langsung menemui salah satu pemilik E-KTP atas nama Mada di wilayah Pademangan. Hasilnya pemilik asli dari KTP dan NIK tersebut berbeda wajah dan fotonya dengan berita yang tersebar di dunia maya. Begitu pula dua identitas lain atas nama Saidi dan Sukarno. “Mereka adalah orang yang berbeda dan foto di E-KTPnya pun berbeda. Jadi  foto asli mereka sengaja ditutup dengan foto orang lain oleh pihak yang tidak bertanggung jawab”, tegas Sidik.

Namun demikian Sidik membenarkan bahwa nama dan NIK yang tercantum dalam ketiga E-KTP tersebut telah tercatat dan terverifikasi benar sebagai DPT dalam Pilgub DKI 2017 dengan mengecek langsung melalui sistem informasi data pemilih (sidalih) KPU RI.

Penetapan DPT disusun berdasarkan proses pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih dengan mendatangi langsung calon pemilih. Nama yang terdaftar akan disesuaikan dengan E-KTP dan KK.

Sidik juga menjelaskan bahwa kasus ini menjadi catatan penting bagi KPU DKI Jakarta. Lebih lanjut Sidik mengatakan  NIK bukanlah wewenang  KPU oleh karena itu lembaganya akan berkoordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) DKI Jakarta, serta pihak Kepolisian untuk bersama-sama mengantisipasi modus seperti ini.