2013-08-30    00:00:00   Dibaca : 1925 x

PENYANDANG CACAT BOLEH NYALON GUBERNUR

Share :

Setelah melakukan rapat pleno KPU pada rabu malam (28/8), Komisi Pemilihan Umum menetapkan Daftar Calon Tetap (DCT) Dewan Perwakilan Daerah (DPD) di 33 Provinsi sebanyak 945 orang.

Provinsi DKI Jakarta menempatkan DCT DPD sejumlah 35 orang dengan calon perempuan sebanyak 3 orang (8,6 %).

Untuk memudahkan masyarakat mengenali para calon, DCT DPD RI diumumkan di website KPU (http://www.kpu.go.id),  media massa cetak dan elektronik. Pengumuman calon anggota DPD juga akan ditempelkan pada tempat-tempat yang mudah dijangkau masyarakat di setiap Kabupaten/Kota di Provinsi yang bersangkutan.

Setelah penetapan DCT, KPU membuka ruang penyelesaian sengketa sampai tanggal 14 Nopember 2013. Penyelesaian sengketa diawali melalui forum musyawarah mufakat di Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu). Jika bakal calon anggota DPD yang merasa dirugikan  tidak dapat menerima putusan Bawaslu, dapat mengajukan gugatan ke Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara (PTTUN).

Para calon anggota DPD ini akan berkompetisi untuk memperebutkan 4 (empat) kursi di provinsi masing-masing. Empat orang dengan suara terbanyak akan menjadi anggota DPD yang mewakili Provinsi tersebut.

Daftar Calon Tetap Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia Pemilihan Umum Tahun 2014 untuk Daerah Pemilihan Provinsi DKI Jakarta dapat diunduh dibawah ini.