2016-10-24    18:35:00   Dibaca : 1774 x

Rapat Pleno Terbuka KPU DKI Jakarta Hari Ini Tetapkan Pasangan Calon Peserta Pilgub 2017

Share :

kpujakarta.go.id(24/10). KPU DKI Jakarta melalui Rapat Pleno Terbuka Penetapan Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur yang Memenuhi Syarat sebagai Peserta pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Tahun 2017 resmi mengumumkan pasangan calon (paslon) peserta Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI yang akan dilaksanakan 15 Februari 2017 mendatang.


Bertempat di Gedung Balai Sudirman, Saharjo, Jakarta Selatan, Senin (24/10), acara yang dimulai Pukul 16.20 WIB dihadiri oleh pasangan calon Agus Harimurti Yudhoyono -Sylviana Murni, serta pasangan Anies Baswedan-Sandiaga Uno dengan didampingi oleh perwakilan partai politik pengusungnya. Sedangkan pasangan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)-Djarot Syaiful Hidayat dihadiri oleh perwakilan partai politik pendukungnya.


Ketua KPU DKI Sumarno membuka rapat pleno tepat Pukul 16.35 WIB. Selanjutnya Ketua Pokja Pencalonan Dahlia Umar menjelaskan bahwa KPU menerima berkas tiga pasangan yaitu Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)-Djarot Syaiful Hidayat yang diusung oleh  PDI Perjuangan, Partai Nasdem, Partai Golkar, dan Partai Hanura. Lalu pasangan Anies Baswedan-Sandiaga Uno yang didukung oleh Partai Gerindra dan PKS dan terakhir pasangan Agus Yudhoyono Harimurti-Sylviana Murni yang merupakan pasangan calon dari Partai Demokrat, PPP, PAN dan PKB. Dahlia juga menjelaskan verifikasi pasangan calon dibagi dua kategori yaitu memenuhi syarat (MS) dan tidak memenuhi syarat (TMS).


Dalam kesempatan tersebut Dahlian Umar juga menyatakan bahwa calon petahana Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)-Djarot Syaiful Hidayat telah menyerahkan surat cuti kampanye mulai 28 Oktober 2016 – 11 Februari 2017. Begitu pula calon gubernur yang berlatar belakng TNI yaitu Agus Harimurti Yudhoyono juga telah menyerahkan surat pengunduran dirinya.


Sebelum resmi ditetapkan ketiga pasangan calon telah melewati serangkaian tahapan mulai dari pendaftaran dan penyerahan berkas administrasi (21-23 September), tes kesehatan di RSAL Mintohardjo (24 September) dan tes Psikologi di BNN (25 September)  serta menyerahkan perbaikan dokumen (1-4 Oktober) sesuai yang dipersyaratkan  penyelenggara pemilu.


Hasil verifikasi pasangan Ahok-Djarot dibacakan oleh Anggota KPU Mochamad Fadilillah dan hasilnya pasangan calon dinyatakan memenuhi syarat (MS). Sedangkan hasil verifikasi pasangan Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni dibacakan oleh Anggota KPU Muhamad Sidik dan hasilnya memenuhi syarat (MS). Anggota KPU Betty Epsilon Idroos membacakan pasangan terakhir yaitu Anies Baswedan-Sandiaga Salahudin Uno dan hasilnya memenuhi syarat (MS).


Berdasarkan hasil verifikasi tersebut maka Ketua KPU DKI Sumarno menetapkan bahwa ketiga pasangan dinyatakan memenuhi syarat  dan akan maju sebagai calon gubernur dan wakil gubernur serta terikat dengan seluruh peraturan yang ditetapkan oleh KPU.


Selanjutnya KPU mengundang ketiga paslon beserta tim kampanye dan pendukungnya untuk hadir dalam pengundian nomor urut pada hari Selasa, (25/10) bertempat di JIE Kemayoran pukul 18.00 WIB.


Acara dilanjutkan penandatangan Berita Acara dan Keputusan KPU Provinsi DKI Jakarta tentang Penetapan Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur yang Memenuhi Syarat sebagai Peserta pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Tahun 2017 oleh Ketua dan Anggota KPU DKI  dan diserahkan ke masing-masing paslon dengan disaksikan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo dan Kapolda Metro Jaya Irjen Mochamad Iriawan.


Acara ditutup dengan penyerahan Surat Pengamanan dan Pengawalan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur dari Polda Metro Jaya kepada KPU DKI Jakarta dan foto bersama.(nurul)