2013-10-18    00:00:00   Dibaca : 2023 x

REKAP LAPORAN DANA KAMPANYE PARTAI POLITIK PROVINSI DKI JAKARTA

Share :

Trend Partisipasi pemilih dari pemilu ke pemilu semakin menurun. Kondisi ini membuat Komisi Pemilihan Umum (KPU) prihatin dan berupaya mencari solusi kreatif agar masyarakat dapat berpartisipasi aktif dalam menyalurkan hak pilihnya pada Pemilu tahun 2014. Salah satu langkah yang diambil KPU adalah  dengan membentuk Relawan Demokrasi.

Relawan Demokrasi berasal dari unsur masyarakat yang memiliki komitmen untuk mensukseskan Pemilu, antara lain mendorong partisipasi pemilih dalam Pemilu. Pelibatan masyarakat harus seluas-luasnya dalam Pemilu dan lebih sistematik sehingga lebih bermutu, dapat merangkul masyarakat sebanyak-banyaknya, dan tidak  tersegmentasi pada kelompok masyarakat tertentu.

Relawan Demokrasi yang dikukuhkan pada hari Jumat 18 Oktober 2013 ini  berjumlah 30 orang dan tersebar sebanyak lima orang di masing-masing Kabupaten/Kota. Mereka nantinya akan berperan di lima segmen masyarakat di antaranya segmen pemilih pemula, segmen kelompok agama, segmen penyandang disabilitas, segmen perempuan dan segmen kelompok marginal. Relawan Demokrasi  diharapkan mampu  menggugah masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya pada pemilu. Selain itu Relawan Demokrasi juga diharapkan dapat memberikan informasi tentang berbagai aspek yang terkait dengan pemilu.

Pemilu merupakan hajatan seluruh rakyat, maka harus sebanyak mungkin rakyat terlibat dalam Pemilu 2014. Ini merupakan tugas dan tanggungjawab kita bersama.  Semoga dengan pengukuhan Relawan Demokrasi di Provinsi DKI Jakarta ini menjadi salah satu langkah yang memicu  ledakan beruntun peningkatan partisipasi pemilih dan kualitas pemilu tahun 2014.