2016-12-09    20:45:00   Dibaca : 2298 x

SEPULUH LEMBAGA PENYIARAN IKUT PENGUNDIAN PENAYANGAN DEBAT PILGUB DKI 2017

Share :

kpujakarta.go.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi DKI Jakarta menyelenggarakan pengundian penayangan Debat Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) DKI 2017, Jumat (9/12) di Gedung KPU DKI Jakarta, lantai 2.


Sesuai PKPU No. 7 Tahun 2015 tentang Kampanye Pilkada, pelaksanaan debat dilaksanakan maksimal tiga (3) kali,  yang rencananya akan diselenggarakan pada 13 Januari 2017, 27 Januari 2017 dan 10 Februari 2017. Seluruh debat akan menampilkan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur.


Pengundian diikuti oleh sepuluh grup  lembaga penyiaran yang mengajukan proposal penyiaran debat, yaitu TVRI, SCTV (Emtek Grup), MNC Grup, TV ONE, METRO TV, Trans Corp, KOMPAS TV, JAK TV, NET TV dan Jawa Pos TV.


Mekanisme pengundian dilakukan dalam dua tahap, pertama masing-masing lembaga penyiaran mengambil nomor urut undian. Selanjutnya berdasarkan nomor urut tersebut, lembaga penyiaran mengambil undian penayangan debat pertama, kedua dan ketiga.


Dari hasil pengundian maka ditetapkan Jawa Pos TV, NET TV dan TV One akan menayangkan debat pertama, lalu Metro TV, MNC dan TVRI menayangkan debat kedua, sedangkan debat ketiga akan disiarkan oleh Trans Grup, SCTV, Kompas TV dan Jak TV. Selanjutnya masing-masing cluster penayangan debat dipersilahkan bermusyawarah dan menentukan stasiun televisi mana yang akan menjadi host.


Dalam kesempatan tersebut Ketua KPU Provinsi DKI Jakarta Sumarno menjelaskan bahwa stasiun televisi yang bertanggung jawab  wajib menyediakan clean feed bagi stasiun televisi yang akan melakukan relay, dalam upaya menyebarkan informasi pemilihan gubernur dan wakli gubernur seluas-luasnya.


Sumarno juga menegaskan bahwa stasiun televisi yang ditunjuk bertanggungjawab dalam proses kreatif, produksi serta penyiaran (airing). Sedangkan KPU Provinsi DKI akan memfasilitasi kehadiran paslon, tempat, moderator, dan peserta (Tim Kampanye dan undangan).


Ketua Pokja Bidang Sosialisasi Betty Epsilon Idroos menambahkan supaya dalam pelaksanaan debat harus akses bagi penyandang disabilitas. “Stasiun televisi menyediakan penerjemah bahasa isyarat baik on air maupun off air”, tuturnya.


Pilgub DKI 2017 akan diikuti oleh pasangan nomor urut 1 yaitu Agus Harimurti Yudhoyono – Sylviana Murni, pasangan nomor urut 2 Basuki Tjahaja Purnama – Djarot Saiful Hidayat dan pasangan nomor urut 3 Anies Baswedan – Sandiaga Salahuddin Uno.