2016-11-18    15:25:00   Dibaca : 1681 x

SERUNYA FIELD TRIP KURSUS SINGKAT KEPEMILUAN KPU DKI JAKARTA

Share :

kpujakarta.go.id - Kursus singkat kepemiluan dihari ketiga Kamis, (17/11) diisi dengan field trip (kunjungan lapangan) ke beberapa titik di wilayah DKI Jakarta.

Para peserta kursus singkat kepemiluan KPU Provinsi DKI Jakarta berkumpul di Kantor KPU DKI sesuai arahan panitia yaitu Pukul delapan pagi. Panitia memberikan masing-masing peserta formulir rencana tindak lanjut (RTL) yang nantinya harus diisi peserta setelah tiga hari mengikuti kursus.

Peserta selanjutnya naik bis menuju lokasi pertama yaitu Panitia Pemungutan Suara (PPS) Kelurahan Gambir dan diterima oleh Lurah Gambir Abdul Salam, Ketua dan Anggota PPS Gambir serta Kasatlak Dukcapil Kelurahan Gambir.

Disini peserta diajak untuk melihat papan pengumuman daftar pemilih sementara (DPS) yang sudah ditempel sejak tanggal 10 November sampai 19 November nanti. Ketua dan Anggota PPS juga menjelaskan bagaimana proses pendaftaran, kemudian pendataan pemilih sampai menjadi DPS dan disambut antusias oleh para peserta. Andira salah satu peserta dari penyandang disabilitas sempat menanyakan bagaimana PPS Gambir memfasilitasi penyandang disabilitas agar bisa ikut memilih 15 Februari 2017. Menurut Ketua PPS Gambir, sama seperti warga DKI lainnya, penyandang disabilitas memiliki hak yang sama untuk bisa memilih saat Pilgub nanti. Yang penting ada anggota keluarga atau kerabatnya yang menginfokan ke Kelurahan dengan membawa E-KTP atau surat keterangan Dukcapil sambil menginfokan ke PPS jenis disabilitasnya.

Dari Kelurahan Gambir perjalanan dilanjutkan kantor KPU RI di Jalan Imam Bonjol untuk melihat Rumah Pintar Pemilu. Didampingi Ketua Pokja Sosialisasi KPU DKI Jakarta Betty Epsiloon Idroos, para peserta mendapat sambutan hangat dari tim Partisipasi Masyarakat (Parmas) Hupmas KPU RI.

Di rumah pintar peserta field trip bisa melihat bagaimana proses dan sejarah Pemilu Indonesia, maket TPS, serta pusat dokumentasi Pemilu di indonesia sejak 1999 sampai Pemilu 2014.

Jam menunjukkan pukul 11.00 wib, peserta field trip bergerak menuju lokasi selanjutnya yaitu KPU Jakarta Barat. Didalam bis Betty memberikan pengarahan pentingnya tindak lanjut dari kursus kepemiluan yang berlangsung sejak 14, 15 Dan 17 November ini. Betty mengharapkan pasca kursus para peserta bisa mulai memberikan sosialisasi kepemiluan kepada komunitasnya masing-masing. Dan bagi yang belum punya, bisa segera membentuk komunitas baru. Para peserta menyambut harapan tersebut dengan semangat.

Sesampainya di KPU Jakarta Barat para peserta segera menuju ruang rapat. Disini peserta mendapat sambutan yang luar biasa dari Ketua, Anggota dan Sekertaris beserta jajaran KPU Jakarta Barat. Mereka menjelaskan persiapan KPU kota Jakarta Barat menyambut Pilgub 15 Februari tahun 2017.

Tepat pukul 13.00 wib, tim relasi bersiap kembali ke KPU Provinsi DKI Jakarta. Sebelum kembali ke komunitasnya masing-masing para peserta mengisi formulir RTL dan juga memberi masukan selama kursus berlangsung sebagai bahan evaluasi panitia.