2016-08-25    18:35:00   Dibaca : 1712 x

SOSIALISASI TATAP MUKA UNTUK PEMILIH PEMULA

Share :
kpujakarta.go.id – KPU DKI Jakarta menggunakan cara unik guna mendapat perhatian peserta sosialisasi  Tatap Muka untuk Pemilih Pemula, Kamis (25/8) di Perpustakaan Daerah, Taman Ismail Marzuki,  Jakarta.  Peserta yang terdiri atas pejalar SMA seluruh Jakarta itu, mendapat hadiah berupa coklat bagi yang dapat menjawab pertanyaan seputar pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta, pada 15 Januari 2017.

“Siapa yang tahu jumlah kursi di DPRD Jakarta? silahkan tunjuk tangan,” tanya komisoner KPU DKI Jakarta Betty Epsilon, kepada peserta.  Beberapa peserta tunjuk tangan. Beragam jawaban. Ada yang menyebut 50 kursi ada pula yang menyebut 100 kursi.  Namun, salah seorang peserta menjawab 106 kursi. “Nah, yang benar 106 kursi. Kamu dapat hadiah sebungkus coklat,” kata Betty memberi semangat.

Betty menjelaskan, pertanyaan jumlah kursi tersebut perlu dikemukakan lantaran terkait persyaratan jumlah prosentasi bagi parpol atau gabungan parpol yang hendak mengusung pasangan calon gubernur dan wakil gubernur. “Pemilih pemula butuh juga pengetahuan tentang Pilgub mulai dari jumlah parpol,  persyaratan pedaftaran, jadwal Pilgub hingga cara pencoblosan,” jelas Betty.

Betty mengajak pemilih pemula  untuk datang ke TPS  pada hari pemungutan suara. Pasalnya, golput atau tidak memilih membuat mubazir, baik  anggaran maupun kesempatan mendapatkan pemimpin terbaik. “KPU DKI tetap akan mencetak surat suara, mempersiapkan logistik, membayar petugas dan lain-lain. Sayang kalau para pemilih tidak menggunakan kesempatan tersebut. Pokoknya, golput gak keren lah,” tegasnya.

Turut memberikan materi sosialisasi Komisioner lain, Dahilah Umar dan M. Fadlilah. Sekretaris KPU Provinsi DKI Jakarta Martin Nurhusin memandu acara yang berlangsung meriah tersebut. Peserta juga tampak antusias berdiskusi dan bertanya seputar Pilgub.