2016-04-05    08:00:04   Dibaca : 2177 x

Workshop dan Simulasi DIP PPID KPU Provinsi DKI Jakarta

Share :

kpujakarta.go.id- Setelah meraih juara ke-2  tingkat nasional dalam mengelola Pejabat Pengelolaan Informasi dan Dokumentasi (PPID), KPU Provinsi DKI Jakarta menggelar workshop dan simulasi penyusunan daftar informasi publik (DIP) Pejabat Pengelolaan Informasi dan Dokumentasi (PPID) di lingkungan KPU Provinsi DKI Jakarta.

“KPU RI telah menilai pengelolaan PPID KPU provinsi seluruh Indonesia. Alhamdulillah KPU DKI Jakarta meraih posisi kedua. KPU DKI harus membagi sukses tersebut kepada KPU kabupaten/kota. Untuk itulah acara ini diselenggarakan,” papar Anggota KPU DKI Jakarta Betty Epsilon,  di Kantor KPU Provinsi DKI Jakarta, Selasa (5/4).

Menurut Betty, terdapat sejumlah indikator pencapaian postif  pengelolaan PPID melalui pembenahan  Struktur Organisasi, Website dan DIP. “Komitmen merealisasikan  keterbukaan informasi menjadi penting, untuk menjadikan KPU sebagai badan publik yang professional, transparan dan akuntabel dimata publik yang kian menyadari hak-haknya untuk mendapatkan informasi kepemiluan,”   ujar Betty.

Betty menjelaskan, dalam memberi informasi publik KPU DKI Jakarta menerapan pelayanan satu pintu. Masyarakat dapat memperoleh informasi melalui dua cara. Datang langsung ke kantor KPU dan mengunjungi website resmi KPU. “Kendala yang perlu dibenahi salah satunya adalah perubahan mindset atau cara pandang di jajaran KPU sendiri bahwa keterbukaan informasi saat ini sudah menjadi keniscayaan hak publik yang tidak dapat dihalang-halangi,” tegasnya.

Oleh karena itu, tegas Betty, dirinya meminta jajaran KPU kabupaten/kota untuk memperhatikan arsip sebelum tahapan Pilgub dimulai. “Arsip harus lengkap dan website harus update data-data terbaru, sehingga publik tetap dapat mengakses informasi seluas-luasnya,” katanya.