2017-02-04    20:30:00   Dibaca : 2503 x

KPU DKI GELAR SIMULASI PEMUNGUTAN DAN PENGHITUNGAN SUARA

Share :

kpujakarta.go.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi DKI Jakarta menggelar simulnasi pemungutan dan penghitungan suara (tungra) di Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu pada Sabtu (4/2)

Simulasi ini dimaksudkan untuk memastikan bahwa penyelenggara di tingkat KPPS serta masyarakat paham tentang teknis tungra pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur 15 Februari nanti.

Ketua Pokja Pecalonan dan Kampanye Dahlia Umar menekankan pentingnya simulasi ini, “Kegiatan ini penting dilakukan sebagai bentuk sosialisasi dan kesiapan KPU Provinsi DKI Jakarta khususnya Kepulauan Seribu dalam menyelenggarakan Pilkada DKI 2017”, katanya saat memberi sambutan.

Dalam kesempatan tersebut Dahlia juga menyampaikan bahwa sorotan terhadap Pilkada DKI sangat besar. Ia lalu mengajak petugas KPPS, peserta simulasi dan masyarakat yang hadir untuk menyukseskan gelaran Pilkada nanti dan menjadikan Pilkada 2017 ini sebagai sejarah dalam demokrasi Indonesia. “Dan itu dapat tercapai jika penyelenggaranya melaksanakan pilkada dengan jujur, adil, professional dan berintegritas, disisi lain pemilihnya juga antusias untuk memilih’, tegas Dahlia.

Simlasi juga dihadiri oleh Anggota KPU RI Ferry Kurnia Rizkiansyah dan Arief Budiman serta Sekretaris Jenderal KPU RI Arif Rahman Hakim yang berperan sebagai pendamping pemilih disabilitas.

Arief Budiman juga sempat memberi masukan saat melihat lay out KPPS belum sesuai karena posisi di bagian belakang bilik suara yang dapat dilihat oleh orang lain. Ia menyarankan agar lay out harus tetap sesuai dengan aturan untuk menjaga prinsip kerahasiaan namun juga memperhatikan akses bagi penyandang disabilitas.

Kegiatan kemudian dilanjutkan peninjauan DPT PIlgub DKI di Pulau Karya. Tercatat sebanyak 17.415 orang pemilih di Kepulaun Seribu yang akan menggunakan hak pilihnya dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI 2017