2016-07-27    16:35:00   Dibaca : 2334 x

PEMANTAU AKAN TINGKATKAN KUALITAS PILGUB DKI 2017

Share :

kpujakarta.go.id- Keberadaan pemantau pemilu merupakan sebuah keniscayaan  untuk meningkatkan  kualitas demokrasi yang jujur dan akuntable. Semakin banyak pemantau dan semakin banyak pihak yang mengawasi akan semakin meningkatkan kualitas  penyelenggaraan pemilu semakin baik.

Demikian disampaikan Ketua KPU Provinsi DKI Jakarta Sumarno pada pembukaan Sosialisasi pendaftaran Pemantau Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta tahun 2017 di  Merlyn Park Hotel, Jakarta, Rabu (27/7).  Peserta sosialisasi adalah  Perludem, JPPR, KIPP DKI Jakarta, PPUA Penca, UNJ, Univeritas Indonesia dan lain sebagainya.

Sumarno mengatakan, dalam sistem politik  demokrasi  yang berkualitas salah satu ukuran adalah penyelenggaraan pemilu yang jujur, akuntable dan demokratis.  Dalam konteks konsolidasi demokrasi,  pemilihan kepala daerah  merupakan salah satu sarana rakyat untuk turut berpartisipasi dalam politik.

“Partisipasi masyarakat dalam pemilu tentu bukan sekedar datang ke TPS, tapi juga turut mengawasi tahapan demi tahapan setiap pemilu. Sebab, betapa pun penyelenggara pemilu berkomitmen untuk jujur dan akuntable, tetap saja masih ada kemungkinan melakukan kesalahan. Inilah pentingnya pemantau,” terang Sumarno.

Sumarno menambahkan,  regulasi pemantau terdapat dalam PKPU  Nomor 5 tahun 2015 tentang partisipasi masyarakat dan Surat Keputusan KPU DKI Jakarta Nomor 6 tahun 2016 tentang Tata Cara pendaftaran Pemantau.  “Ada aturan tata cara pendaftaran, hak dan kewajiban,” katanya.

Sumarno berharap kehadiran pemantau  tidak hanya mencari kesalahan-kesalahan penyelenggara pemilu, namun juga memperkaiki bila dalam tahapan pemilu terdapat kesalahan.  “Kami berharap kehadiran pemantau mengokohkan komitmen penyelenggara untuk meningkatkan kualitas demokrasi,”  pungkasnya.

Materi sosialisasi disampaikan Anggota KPU Provinsi DKI Jakarta Betty Epsilon yang menyampaikan tata cara pendaftaraan pemantau sedangkan Dahliah Umar menyampaikan materi pentingnya kehadiran pemantau.