Apel Siaga Pantarlih dan Semarak Gelar Seni Budaya di Hari Kartini

22-04-2018    08:55:00 Dibaca : 710 x

kpujakarta.go.id - KPU Provinsi DKI Jakarta benar-benar serius dan tidak main-main dalam mensukseskan pelaksanaan Pemilu 2019 yang berintegritas, hal ini dibuktikan dengan pelaksanaan apel siaga yang diikuti oleh perwakilan pantarlih se DKI Jakarta. Apel siaga ini dimaksudkan untuk mengingatkan tugas dan tanggung jawab petugas dalam melaksanakan pencocoan dan penelitian (coklit) daftar pemilih yang pelaksanaannya sudah dimulai sejak tgl 17 April dan akan berakhir tgl 16 Mei 2018.

Dalam pelaksanaan pemilu tugas yang diemban pantarlih ini sangatlah vital, karena dari pendataan daftar pemilih yang dilakukan ini akan menghasilkan daftar pemilih sementara (DPS) yang selanjutnya akan dijadikan daftar pemilih tetap (DPT) yang akan mendukung jumlah logistik yang dibutuhkan dalam sebuah pemilihan umum. Demikian uraian sambutan Ketua KPU RI Arif Budiman yang hadir dan menjadi komandan apel siaga ini.

Sementara itu ketua KPU Provinsi DKI Jakarta, Sumarno dalam sambutannya mengingatkan kepada petugas tarlih agar cermat dan tidak putus asa mendatangi warga untuk didata, karena salah satu hambatan dalam pendataan ini adalah seringkali petugas tidak ketemu dengan penghuni rumah yang didatangi, sehingga dibutuhkan kesabaran yang lebih.

Setelah kegiatan apel siaga dan pembacaan pakta integritas, dilanjutkan dengan kegiatan pagelaran seni budaya dalam rangka menyongsong 1 tahun pelaksanaan pemilu serentak tahun 2019. Gelar seni budaya menampilkan atraksi, penampilan dan kesenian yang dipersembahkan oleh KPU Provinsi DKI Jakarta dan tiap-tiap KPU Kabupaten/Kota. Kesenian Palang Pintu oleh KPU Kab. Adm. Kep. Seribu, keroncong betawi oleh Jakarta Pusat, Jakarta Selatan menghadirkan pencak silat. Sementara KPU Jakarta Barat mempersembahkan lenggang betawi, disusul lenong betawi oleh Jakarta Utara, tarian topeng persembahan KPU Provinsi serta tari kembang dari Jakarta Timur.

Kegiatan apel siaga pantarlih dan gelar seni budaya ini terasa istimewa karena bertepatan dengan peringatan hari kartini 2018 sehingga aura dan suasana kartini juga sangat terasa dalam kegiatan ini
File Lampiran :