Dari 82 pendaftar Calon Anggota KPU Provinsi DKI Jakarta Diantaranya 16 perempuan

22-02-2018    08:25:00 Dibaca : 1282 x

kpujakarta.go.id -  Tim seleksi (Timsel) penerimaan calon anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi DKI Jakarta sampai batas akhir pendaftaran tanggal 21 Februari 2018 menerima 82 orang peminat.  Dari jumlah tersebut tercatat hanya 16 perempuan yang berminat menjadi penyelenggara pemilu.

Ketua Timsel Siti Zuhro mengatakan, pihaknya sudah berupaya menjaring sebanyak mungkin aktivis dan LSM perempuan yang bergerak di bidang kepemiluan dan demokrasi untuk ikut mendaftar seleksi penyelenggara pemilu. "Sepanjang rentang masa  pendaftaran kami sudah berusaha keras dengan segala macam usaha. Seperti melalui grub WA, pentolan-pentolan aktivis perempuan. Kalau pada akhirnya peminatnya cuma 16 orang, ya mungkin cuma segitu peminatnya," kata Siti Zuhro, usai rapat Timsel, di Kantor KPU DKI Jakarta, Rabu (21/2/2018)

Siti melanjutkan, Timsel tidak hanya berpatokan pada jumlah tapi juga mencari calon anggota penyelenggara pemilu yang berkualitas. Peneliti LIPI ini menyebutkan, Timsel tidak hanya mencari calon anggota KPU yang  memahami ibukota dan regulasi kepemiluan tapi juga mencari seseorang yang memiliki mental kuat, integritas, independen dan profesional.  Tidak lupa juga, kata Siti,  Timsel juga menilai kecerdasan,  kapasitas dan  meneliti  track record para peminat.

"Pokoknya kami melakukan cover all side. Baik, pendidikan, empirik dengan meneliti berkas-berkas yang membuktikan, kalau pernah di Bawaslu, ya tunjukan berkas, kalau pernah di KPU ya tunjukan buktinya," tukas Siti.

Menurut Siti, Timsel juga membaca dan meneliti secara seksama makalah yang bercerita tentang yang bersangkutan.  Makalah itu, akan menjelaskan  sejauh mana karakter  dan sifat para calon anggota KPU. "Pokoknya semua akan kami nilai dan bobotnya masing-masing," katanya.

Dari 82 yang mendaftar, ke-82 berkas yang masuk tersebut akan diseleksi kelengkapan adminsitrasi serta disaring menjadi 60 orang.  Setelah itu,  akan diseleksi lagi menjadi 49 orang. ke-49 orang yang akan mengikuti tahap berikutnya, test tertulis. Hasilnya, akan diperkecil lagi menjadi 42 orang.   Ke-42 orang mengikuti tahap berikutnya, test psikologi, tes kesehataan dan wawancara.  Berikutnya, dari 42 orang disaring menjadi 14 orang yang akan diserahkan kepada KPU-RI.  Tahap berikutnya, KPU-RI akan memilih  7 orang anggota KPU DKI Jakarta periode 2018-2023.

"Tugas Timsel mengantar pada 14 orang. selanjutnya terserah KPU-RI," pungkas Siti Zuhro. (*)
File Lampiran :