Didatangi Dua Mahasiswa Australia, Betty Jelaskan Tantangan Pemilu 2019

28-01-2020    17:40:00 Dibaca : 54 x

Kpujakarta.go.id (28/01). Kedatangan mahasiswa Australia Dominic Harvey-Taylor (Australian National University) dan Ella Wylnko (The University of Western Australia) serta Adiguna Daniel Jerash Tiger Frelon (Universitas Brawijaya) ke KPU Provinsi DKI Jakarta disambut oleh Ketua dan Anggota KPU Provinsi DKI Jakarta. Mereka diterima di ruang Media Center KPU Provinsi DKI Jakarta, Jl Salemba Raya Jakarta Pusat pada Selasa 28 Januari 2020.

KPU Provinsi DKI Jakarta dipilih menjadi tujuan untuk menggali informasi penting terkait dana kampanye, kampanye, media sosial, perkembangan teknologi pemilu, hal-hal menarik dan tantangan penyelenggaraan Pemilu 2019 di DKI Jakarta. Menaggapi hal tersebut, Ketua KPU Provinsi DKI Jakarta Betty Epsilon Idroos menyampaikan bagaimana KPU Provinsi DKI Jakarta menyelenggarakan Pemilu serentak tahun 2019. “Masing-masing peserta Pemilu melaporkan penerimaan dan pengeluaran dana kampanye mereka dalam bentuk laporan terstruktur, yang kemudian di audit oleh Kantor Akuntan Publik yang ditunjuk oleh KPU” jelas Betty.

Sementara itu, pada kesempatan yang sama Ketua Divisi SDM KPU Provinsi DKI Jakarta Deti Kurniawati menjelaskan penggunaan media social pada Pemilu 2019. “Sosialisasi penyelenggaraan Pemilu massif dilakukan KPU Provinsi DKI Jakarta melalui media social untuk menyasar kaum milenial diantaranya facebook, twitter, Instagram. Sementara peserta Pemilu juga diperbolehkan berkampanye melalui media social yang sebelumnya telah didaftarkan ke KPU” ujar Deti.

Diskusi dilanjutkan dengan kunjungan ke Rumah Pintar Pemilu Provinsi DKI Jakarta yang didampingi oleh Marlina, anggota KPU Provinsi DKI Jakarta Divisi Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih. Marlina menjelaskan tentang informasi yang disediakan pada RPP seperti hasil pemilu dari tahun ke tahun, tata cara pemungutan dan penghitungan suara, Presiden Republik Indonesia dari masa ke masa, dll. Penjelasan mengenai RPP ditutup dengan simulasi Pemilu melalui E-Voting yang terdapat pada ruang simulasi RPP KPU Provinsi DKI Jakarta. 
File Lampiran :