Gelar Evaluasi Divisi Hukum, KPU Provinsi DKI Jakarta Berikan Anugerah dan Penghargaan

21-11-2019    19:00:00 Dibaca : 37 x

kpujakarta.go.id. (21/11) Untuk mengetahui sejauh mana keberhasilan dalam menjalani proses hukum dalam Pemilu 2019, KPU Provinsi DKI Jakarta melaksanakan kegiatan evaluasi pada Divisi Hukum se-KPU Provinsi DKI Jakarta tanggal 19-21 November 2019.

Kegiatan dibuka oleh Ketua KPU Provinsi DKI Jakarta, Betty Epsilon Idroos didampaingi oleh Ketua Divisi Hukum KPU Provinsi DKI Jakarta, Muhaimin serta para Komisioner lainnya dan Sekretaris.

Dalam sambutan pembukaanya, Betty menjelaskan bahwa kegiatan ini dimaksudkan untuk mengukur keberhasilan yang telah dicapai oleh KPU Provinsi DKI Jakarta dalam menghadapi berbagai permasalahan terkait pelaksanaan tahapan Pemilu 2019, khususnya kasus hukum yang dialami oleh KPU Provinsi DKI Jakarta.

Sebagaimana diketahui, bahwa dalam pelaksanaan tahapan Pemilihan Umum Serentak Tahun 2019 lalu, terdapat banyak sengketa dan gugatan pemilu yang diterima KPU Provinsi DKI Jakarta dari para peserta pemilu, baik dari calon perseorangan maupun partai politik. Pengajuan sengketa dan permasalahan tersebut diajukan ke Bawaslu, Pengadilan, Mahkamah Konstitusi dan bahkan sampai ke DKPP.

“Alhamdulillah semua gugatan dan sengketa tersebut dapat kita jawab dengan baik dan tidak ada yang merugikan KPU Provinsi DKI Jakarta” kata Betty.

Untuk mengapresiasi keberhasilan penanganan berbagai sengketa tersebut, KPU Provinsi DKI Jakarta memberikan anugerah dan piagam penghargaan kepada KPU Kabupaten/Kota yang dinilai telah berhasil melaksanakan tahapan pemilu 2019 yang berpotensi adanya sengketa. Kategori penghargaan tersebut adalah: kategori Verifikasi Parpol Terbaik I dan II kepada KPU Kota Jakarta Timur dan Jakarta Pusat, Kategori Verifikasi Syarat Dukungan Calon Anggota DPD, Terbaik I KPU Kota Jakarta Barat dan terbaik II KPU Kota Jakarta Selatan. Untuk Kategori Penyelesaian Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU), terbaik I KPU Kota Jakarta Utara dan Terbaik II KPU Kota Jakarta Barat. Sedangkan kategori Dokumentasi Produk Hukum di Website, terbaik I diraih oleh KPU Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu dan terbaik II oleh KPU Kota Jakarta Timur. Mzb.
File Lampiran :