Hadapi Tahapan Kampanye, KPU DKI Jakarta Berikan Bimtek terkait Kampanye bagi Peserta Pemilu 2019

12-09-2018    19:00:00 Dibaca : 360 x

Kpujakarta.go.id (12/09) Menghadapi tahapan kampanye Pemilu Serentak 2019 yang akan dimulai tanggal 23 September 2018, KPU Provinsi DKI Jakarta mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pelaporan Dana Kampanye Peserta Pemilu 2019 Daerah Pemilihan DKI Jakarta. Bimtek ini diadakan di Hotel Bidakara Jakarta Selatan, Rabu 12 September 2018 pukul 13.30 s.d. 18.00.

Peserta Bimtek ini adalah perwakilan dari Partai Politik Peserta Pemilu 2019 tingkat Provinsi DKI Jakarta dan Calon Anggota DPD RI Dapil DKI Jakarta. Sesi pertama Bimtek ini diisi oleh Marlina Anggota KPU Provinsi DKI Jakarta divisi Sosialisasi dan Partisipasi Masyarakat yang menjelaskan hal-hal penting terkait Kampanye yang diatur dalam PKPU 28 tahun 2018. Marlina menjelaskan pentingnya memahami aturan terkait tata cara kampanye, waktu, lokasi, dan hal yang berkaitan dengan alat peraga kampanye. Sesi kedua mengenai Pelaporan Dana Kampanye partai Politik dan Anggota DPD yang diatur dalam PKPU 29 tahun 2018 yang dijelaskan oleh Muhaimin Anggota KPU Provinsi DKI Jakarta Divisi Hukum. Pada akhir sesi, operator Aplikasi Dana Kampanye (SIDAKAM) dari partai politik dan calon anggota DPD melakukan simulasi penggunaan aplikasi dana kampanye.

Bimtek ini dibuka oleh Ketua KPU Provinsi DKI Jakarta Betty Epsilon Idroos. Dalam sambutannya Betty menyampaikan pentingnya peserta Pemilu 2019 memahami aturan terkait Kampanye, Pemasangan Alat Peraga Kampanye, dan Pelaporan Dana kampanye. “Setelah Bimtek ini, pastikan Bapak Ibu tahu apa yang dibolehkan dan apa yang tidak dibolehkan, apa yang harus dilakukan dan apa konsekuensi apabila terdapat kelalaian. Kesalahan yang timbul akibat tidak melaksanakan aturan tersebut akan dikenakan sanksi administrasi. Salah satunya adalah pembatalan sebagai peserta Pemilu tahun 2019, jika terlambat atau tidak menyerahkan Laporan Awal Dana Kampanye.” ujar Betty.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Provinsi DKI Jakarta Jufri yang ikut hadir dan memberikan sambutan dalam Bimtek ini mengatakan perlunya Peserta Pemilu 2019 mengetahui aturan terkait Kampanye, Pemasangan Alat Peraga Kampanye, dan Pelaporan Dana Kampanye. “Pada pemilu sebelumnya, pelanggaran yang sering terjadi adalah pemasangan alat peraga kampanye yang tidak sesuai aturan. Baik itu lokasi pemasangan, ukuran, dan waktu pemasangan” pungkas Jufri.
File Lampiran :