Integritas dan Kapasitas Paling Utama

20-03-2018    18:35:00 Dibaca : 929 x

kpujakarta.go.id - Ketua Tim Seleksi Calon Anggota Komisi Pemilihan Umum  (Timsel KPU DKI  Jakarta) Siti Zuhro menegaskan, integritas dan kapasitas akan menjadi pertimbangan utama dalam memilih anggota KPU DKI Jakarta periode 2018-2023.   pertimbangan lain adalah calon komisioner harus bersih dan non partisan partai politik atau kekuatan kelompok tertentu.

"Intergitas dan kapasitas adalah yang utama.  Tapi tidak mengabaikan masalah lain. Kalau ada calon komisioner KPU yang ketahuan partisan sudah pasti kami drop. Gak ada ampun," kata Siti Zuhro, saat jumpa pers di Kantor KPU DKI Jakarta, Selasa (20/3/2018).

Peneliti Senior LIPI ini, mengatakan, timsel akan tegas memutus mata rantai para partisan. Menurutnya,  cepat atau lambat timsel pasti mengetahui calon komisoner KPU yang partisan. "Kami memiliki mekanisme untuk mengganti atau tidak meloloskan bagi mereka yang partisanship dengan pihak,"  tutur nya.

Siti menuturkan, untuk menjaring calon terbaik,  timsel melakukan penelusuran rekam jejak. Selain itu, timsel juga meminta konsultasi serta masukan dari publik mengenai calon tersebut. Timsel mempertimbangkan semua masukan melalui website, media sosial bahkan menerima surat yang ditujukan bersurat kepada timsel melalui kantor KPU DKI Jakarta.

Setelah melakukan rekam jejak, timsel menentukan 14 calon terbaik dari 40 orang yang sudah lolos  seleksi tertulis dan psikologi yang akan diserahkan namanya kepada KPU RI pada 9 April mendatang. "Kami memilih 14 calon the best dari yang mengikuti tahapan," katanya.

Timsel sudah bekerja sejak 7 Februari 2018 sampai tanggal penyampaian nama 14 calon kepada KPU RI pada 9 April 2018.

Ada sejumlah tahapan yang dilalui calon anggota KPU DKI. Dia menjelaskan, tahapan dimulai dari penelitian administrasi calon anggota KPU Provinsi sampai tes tertulis menggunakan metode Computer Assisted Tes (CAT). Lalu, tahapan selanjutnya, tes psikologi, tes kesehatan, dan tes wawancara. Tiga tahapan tes tersebut diikuti sebanyak 40 calon anggota KPU DKI yang sudah diseleksi. 

File Lampiran :