JELANG HARI H PEMUNGUTAN SUARA 17 APRIL 2019, KPU DKI GELAR APEL SIAGA

14-04-2019    11:00:00 Dibaca : 251 x

(14/04) Tiga hari menjelang pelaksanaan Pemilu Serentak Tahun 2019, 17 April 2019, KPU Provinsi DKI Jakarta yang di fasilitasi Badan Kesbangpol Provinsi DKI Jakarta menggelar Apel Siaga Pemilu 2019. Kegiatan dilaksanakan pada hari ini, 14 April 2019 bertempat di Lapangan Banteng Jakarta Pusat.

Apel Siaga diikuti oleh Ketua dan Anggota KPU Provinsi DKI Jakarta beserta sekretariat, Ketua dan Anggota KPU Kabupaten/Kota beserta sekretariat, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se Provinsi DKI Jakarta, Panitia Pemungutan Suara (PPS) se Provinsi DKI Jakarta, Ketua KPPS se Provinsi DKI Jakarta serta Relawan Demokrasi se Provinsi DKI Jakarta. Apel Siaga juga diikuti oleh para Camat dan para Lurah se Provinsi DKI Jakarta.

Apel siaga dipimpin langsung oleh Ketua KPU Provinsi DKI Jakarta, Betty Epsilon Idroos selaku Pembina Apel, didampingi oleh Ketua KPU Republik Indonesia, Arief Budiman, Anggota DKPP, DR. Ida Budiarti, Ketua Bawaslu Provinsi DKI Jakarta, M. Jufri serta Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Bawesdan.

Dalam amanatnya, Betty mengatakan Pemilu 2019 merupakan momentum bersejarah pertama kali di Negara Kesatuan Republik Indonesia. Menyelenggarakan Pemilu Serentak untuk memilih Presiden dan Wakil Presiden, Anggota DPR RI, Anggota DPD RI dan Anggota DPRD merupakan pekerjaan detail yang amat kompleks dalam sejarah kepemiluan di Indonesia. KPU sebagai penyelenggara Pemilu tidak dapat bekerja sendiri dalam menyukseskan Pemilu, termasuk di DKI Jakarta. KPU Provinsi DKI Jakarta memerlukan mitra kerja seperti Bawaslu, DKPP dan Pemerintah Daerah serta para Relawan Demokrasi.

“Bawaslu sebagai mitra kerja pengawasan, DKPP untuk menjaga profesionalitas dan Pemerintah Daerah untuk memfasilitasi dalam rangka pelaksanaan tugas, wewenang dan kewajiban penyelenggaraan Pemilu. Tidak lupa Relawan Demokrasi sebagai entitas relawan yang siap mensukseskan pemilu serentak yang tak dibayar, bukan karena tak bernilai tapi tak ternilai” ungkap Betty.

Pada kesempatan itu, Betty juga menyampaikan terima kasih dan apresiasi penuh kepada PPK, PPS dan KPPS yang telah dengan iklas dan rela mendedikasikan diri demi suksesnya Pemilu Serentak 2019.

“Sesungguhnya Bapak dan Ibu yang bekerja di garda terdepan pelayanan demokrasi kita di masyarakat, maafkan bila ada pelayanan, kebijakan dan supervisi yang belum dapat menjangkau semua aspirasi kita semua” ujar Betty.

Anggota DKPP, Ida Budiarti dalam arahannya mengatakan sejak tahun 2012 sampai dengan saat ini DKPP sudah memeriksa 5000 orang penyelenggara Pemilu, lebih dari 50% tidak terbukti melanggar kode etik. Ini suatu bukti bahwa Indonesia mempunyai Lembaga Penyelenggara Pemilu yang kredibel dan masih terjaga kemandiriannya. Khusus untuk DKI Jakarta, sejak 2018-2019 DKPP menerima 6 pengaduan dan hanya 3 perkara yang layak sidang, hasilnya 83% tidak terbukti melanggar kode etik.

“Raport yang sangat memuaskan bagi Penyelenggara Pemilu di Provinsi DKI Jakarta. Prestasi yang sudah diukir ini harus dipertahankan bahkan ditingkatkan menjadi zero pengaduan di DKPP” tegas Ida.

Gubernur DKI Jakarta, Anis Bawesdan dalam apel ini mengatakan Pemilu 2019 bertujuan untuk menyiapkan dan memilih pemerintahaan negara yang akan bekerja pada 2019 – 2024. Para penyelenggara Pemilu yang membuat proses penyelenggaraan pemilu berjalan dengan baik dan sukses. Untuk itu diperlukan penyelenggara Pemilu berintegritas.

“Harga diri tidak bisa dirupiahkan. Tunjukan Jakarta sebagai tempat penyelenggaraan pemilu paling berintegritas” ujar Anies.

Anies juga mengatakan bahwa Pemerintah Daerah Provinsi DKI Jakarta siap membantu Pelaksanaan Pemilu 2019 di Provinsi DKI Jakarta sebagaimana amanat Undang-Undang, agar Pemilu 2019 terlaksana dengan lancar, aman dan sukses serta terpilih Pemimpin Bangsa pilihan rakyat.

Dalam kesempatan ini, Ketua KPU Republik Indonesia, Arief Budiman juga memberikan arahan bagi peserta Apel Siaga. Arief mengatakan Penyelenggara Pemilu harus menjaga kepercayaan publik jika prosesnya dipercaya maka hasilnya pun akan dipercaya publik.

“Bekerja transparan dan terbuka, bekerja penuh integritas. Semua pihak telah menyatakan dukungannya untuk menyelenggarakan Pemilu yang bersih, langsung, umum bebas dan rahasia. Tugas kita melaksanakannya dengan baik” pesan Arief kepada peserta Apel Siaga.

Seluruh peserta Apel Siaga menyatakan kesiapannya untuk melaksanakan Pemilu Serentak tahun 2019. Semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa memberikan kesehatan, keselamatan dan kebaikan kepada seluruh penyelenggara Pemilu dan Stakeholder di Provinsi DKI Jakarta serta kepada seluruh masyarakat di Provinsi DKI Jakarta. amin..

File Lampiran :