Jelang Penetapan DCT Anggota DPD, KPU DKI Undang Calon Anggota DPD Lakukan Pencermatan Draft DCT

15-09-2018    17:35:00 Dibaca : 416 x

kpujakarta.go.id (15/8) Sebelum penetapan DCT oleh Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia pada 20 September mendatang, KPU Provinsi DKI Jakarta berkewajiban untuk meminta Calon Anggota DPD Daerah Pemilihan DKI Jakarta untuk memberikan persetujuan dalam bentuk paraf pada draft DCT Anggota DPD  dan menyerahkannya kepada KPU RI. Untuk itu, pada hari ini, tanggal 15 September 2018, KPU Provinsi DKI Jakarta mengundang Calon Anggota DPD untuk melakukan pencermatan terhadap draft DCT Anggota DPD dan memberikan paraf persetujuan. Acara bertempat di ruang rapat kantor KPU Provinsi DKI Jakarta lt. 2 dan dihadiri oleh Jl. Salemba Raya no. 15 Jakarta Pusat yang dihadiri oleh Bakal Calon Anggota DPD beserta LO.

 

Ketua KPU Provinsi DKI Jakarta, Betty Epsilon Idroos menjelaskan apabila setelah pencermatan draft DCT, masih ada calon Anggota DPD yang menghendaki penggantian pas foto dalam penetapan DCT Anggota DPD, masih bisa diterima sepanjang penggantiannya itu dilakukan sebelum KPU menetapkan Keputusan KPU tentang Penetapan DCT Anggota DPD. Penggantian pas foto tersebut dikirimkan langsung ke KPU melalui email pencalonan.dpd@kpu.go.id dengan menyertakan judul/subjek foto DCT Anggota DPD (nama Provinsi) dengan format ukuran 4 x 6 cm dengan pixel minimal 150 dpi. “Penggantian pas foto calon Anggota DPD yang diusulkan setelah KPU menetapkan Keputusan KPU tentang Penetapan DCT Anggota DPD, tidak dapat dilakukan, mengingat pas foto calon Anggota DPD harus sama dengan pas foto calon Anggota DPD dalam surat suara”, jelas Betty.

 

Pada kesempatan ini, Betty juga menjelaskan bagi calon Anggota DPD yang masih berstatus sebagai pengurus partai politik ditingkat pusat, provinsi atau kabupaten/kota dan belum menyampaikan surat pernyataan pengunduran diri dari kepengurusan partai politik agar segera menyampaikanya Keputusan Dewan Pimpinan Partai Politik tentang pemberhentian calon yang bersangkutan sebagai pengurus partai politik paling lambat 1 (satu) hari sebelum KPU menetapkan Keputusan KPU tentang Penetapan DCT Anggota DPD. “Bagi calon Anggota DPD yang tidak menyerahkan surat pernyataan pengunduran diri dari kepengurusan partai politik, dapat dicoret dari DCT meskipun telah memenuhi semua persyaratan lainnya” tandas Betty.

 

Draft DCT Anggota DPD yang telah mendapat persetujuan berupa paraf calon berupa hard copy dan soft copy akan diserahkan oleh  KPU Provinsi DKI Jakarta kepada KPU pada tanggal 16 – 18 September 2018 dalam acara rapat koordinasi Penyusunan Daftar Calon Tetap Anggota DPD.

File Lampiran :