KPU DKI JAKARTA ADAKAN SIMULASI PENGHITUNGAN SUARA DI TINGKAT KECAMATAN

23-12-2017    18:15:00 Dibaca : 813 x

kpujakarta.go.id - KPU Provinsi DKI Jakarta hari ini 23 Desember 2014 menggelar kegiatan simulasi penghitungan perolehan suara di tingkat kecamatan di Kantor KPU Provinsi DKI Jakarta. Kegiatan ini dimaksudkan untuk memperoleh informasi yang akurat tentang berbagai hal yang mungkin akan terjadi dalam proses rekapitulasi penghitungan suara di tingkat kecamatan dalam Pemilu 2019 mendatang.

Ketua KPU Provinsi DKI Jakarta, Sumarno dalam sambutan pembukaan berharap agar dengan kegiatan ini bisa dilihat seberapa lama waktu yang dibutuhkan untuk melaksanakan proses penghitungan suara di tingkat kecamatan (PPK). Dengan jumlah PPK yang hanya 3 orang, tentunya di rekap tingkat kecamatan nanti menjadi tugas yang sangat berat bagi PPK, karena dari penghitungan di TPS akan langsung dilanjutkan di tingkat Kecamatan. ``Ini menjadi tugas yang sangat berat bagi PPK kita nanti`` kata Sumarno.

Hadir dalam pembukaan ini 2 orang Komisioner KPU RI  yakni Ilham Saputra dan Viryan. Dalam sambutannya, Ilham mengharapkan dari kegiatan ini dapat menghasilkan masukan dan rekomendasi yang penting untuk KPU RI sehingga bisa mengetahui seberapa lama waktu yang digunakan dalam penghitungan suara di kecamatan nanti, sehingga nantinya KPU bisa mengusulkan perubahan terhadap jumlah anggota PPK. Kegiatan ini juga dipantau oleh Ketua KPU RI, Arief Budiman yang datang saat proses simulasi sedang berlangsung.

Untuk diketahui bahwa berdasarkan Undang-Undang No. 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum bahwa anggota PPK untuk Pemilu 2019 nanti hanya berjumlah hanya 3 orang dari 5 orang dalam pemilu sebelumnya, serta proses rekapitulasi dari TPS yang langsung ke PPK.

Dalam kegiatan ini berperan sebagai PPK adalah mantan anggota PPK dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Tahun 2017.
File Lampiran :