KPU DKI Jakarta Berharap Parpol Input Data Silon Tidak Mendekati Berakhirnya Jadwal

08-06-2018    20:00:00 Dibaca : 440 x

kpujakarta.go.id,- KPU Provinsi DKI Jakarta  mengundang  pimpinan Partai Politik  peserta Pemilu 2019 se-DKI Jakarta sekaligus operator Aplikasi Sistem Informasi Pencalonan (SILON), di kantor KPU DKI Jakarta,  Jl. Salemba Raya No 15,  Jumat, (8/6/2018).  Pertemuan tersebut  dalam rangka Sosialisasi dalam rangka sosialisasi  jadwal dan mekanisme tahapan pencalonan anggota DPRD provinsi DKI Jakarta dan penggunaan aplikasi silon pada pemilu tahun 2018.

 

Acara dibuka oleh Ketua KPU  DKI Jakarta  Betty Epsilon Idroos serta hadir seluruh komisioner, Deti Kurniawati,  Marlina, Sunardi, Muhaimin, Nurdin dan Partono.  Betty menyampaikan  sosialisasi biasanya dilaksanakan setelah PKPU terbit, tapi kali ini sosialisasi tetap dilaksanakan meski PKPU pencalonan belum diserahkan.

 

KPU  semata-mata memberi kesempatan parpol untuk dapat mengakses SILON tidak terkurangi. Pasalnya, sesuai ketentuan, parpol diberikan kesempatan 30 (tiga puluh) hari dari saat masa pendaftaran calon legislatif untuk dapat mengakses SILON. Terhitung mulai tanggal 8 Juni ini, parpol sudah bisa menginput data ke SILON. Sementara itu, pendaftaran calon legislatif sendiri akan dibuka pada tanggal 4 – 17 Juli 2018.

 

"Namun, kami sangat berharap parpol  menginput data calon legislatif  tidak mendekati  berakhirnya jadwal. Sebab, jika terjadi kesalahan akan sulit melakukan perbaikan. Jadi semakin cepat semakin baik," tegas Betty.

 

Sebelum melakukan pengunggahan, KPU akan memberikan password dan username terkait operasi SILON.   Setelah  mendapatkan password dan username, oleh operator yang ditunjuk oleh masing-masing partai politik dan menginput data calon legislatif yang nantinya akan mengikuti pemilihan legislatif pada 2019  mendatang.

 

Terdapat tiga syarat utama dalam proses pencalonan yakni petugas Sistem Informasi Pencalonan (SILON), petugas penghubung atau Liaison Officer (LO), serta spesimen tandatangan ketua dan sekretaris parpol.  (*)

File Lampiran :