KPU Provinsi DKI Jakarta Menetapkan 16 Partai Politik Yang Memenuhi Syarat Menjadi Calon Peserta Pemilu Tahun 2019 Tingkat Provinsi DKI Jakarta

12-02-2018    17:35:00 Dibaca : 903 x

Kpujakarta.go.id (12/02) KPU Provinsi DKI Jakarta menggelar Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Verifikasi Partai Politik Calon Peserta Pemilihan Umum Tahun 2019 Tingkat Provinsi DKI Jakarta untuk menetapkan Partai Politik yang memenuhi syarat untuk menjadi peserta Pemilu tahun 2019 di tingkat Provinsi DKI Jakarta. Rapat Pleno Terbuka ini turut dihadiri oleh Perwakilan partai politik tingkat Provinsi DKI Jakarta calon peserta Pemilu tahun 2019, Bawaslu Provinsi DKI Jakarta, dan KPU Kabupaten/Kota se-Provinsi DKI Jakarta.

Rapat Pleno terbuka ini dibuka oleh Ketua KPU Provinsi DKI Jakarta Sumarno. Dalam sambutannya Sumarno menyampaikan apresiasi terhadap para penyelenggara khususnya jajaran KPU Provinsi sampai KPU Kabupaten/Kota, Pengawas Pemilu mulai tingkat Provinsi sampai pengawas tingkat kecamatan, serta partai Politik mulai tingkat Provinsi sampai tingkat kecamatan yang telah bekerjasama dengan baik sehingga proses verifikasi disetiap tingkatan ini berjalan dengan lancar.

“Hasil rekapitulasi tingkat provinsi ini akan disampaikan kepada KPU RI untuk jadikan dasar Rekapitulasi Nasional hasil verifikasi faktual partai politik calon peserta Pemilu pada tanggal 15-17 Februari 2018. Tanggal 17 Februari akan ditetapkan Partai Politik Peserta Pemilu tahun 2019 oleh KPU RI. Tanggal 18 Februari akan dilakukan pengundian dan penetapan nomor urut selanjutnya tanggal 18-20 Februari 2018 akan diumumkan Partai Politik peserta Pemilu 2019.” pungkas Sumarno di Hotel Best Western Mangga Dua tadi siang (12/02/2018).

Sementara itu ketua Pokja Verifikasi Parpol KPU Provinsi DKI Jakarta Dahlia mengatakan kegiatan ini merupakan hasil verifikasi yang dilakukan KPU mulai dari tingkat Kota sampai ke tingkat Provinsi DKI Jakarta dan akan dilanjutkan dengan rekapitulasi tingkat nasional di KPU RI. “Verifikasi yang telah kita lakukan adalah melakukan penelitian terhadap Kesesuaian nama Ketua, Sekretaris, dan bendahara pada susunan pengurus tingkat provinsi dengan Keputusan DPP Partai Politik, Keterperhatikan 30% keterwakilan perempuan pada susunan pengurus parpol, domisili kantor tetap parpol, dan jumlah paling sedikit keanggotaan partai politik sebagaimana yang diatur pada PKPU RI nomor 6 tahun 2018” ungkap Dahlia.

Hasil pleno terbuka KPU Provinsi DKI Jakarta menetapkan 16 Partai Politik yang Memenuhi Syarat (MS) untuk menjadi calon peserta pemilu tahun 2019. Partai politik tersebut adalah 12 Partai politik peserta pemilu tahun 2014 ( Partai Nasdem, PKB, PKS, PDI Perjuangan, Partai Golkar, Partai Gerindra, Partai Demokrat, PAN, PPP, Partai Hanura, PBB, dan PKPI) dan 4 partai baru (Partai Perindo, PSI, Partai garuda, Partai Berkarya).

File Lampiran :