KPU Provinsi DKI Jakarta mengenalkan Rumah Pintar Pemilu pada Instansi Pemerintah, Perwakilan Mahasiswa, dan Perwakilan siswa SMA di DKI Jakarta

11-12-2019    20:00:00 Dibaca : 77 x

Kpujakarta.go.id. (11/12) Untuk memberikan informasi dan edukasi tentang kepemiluan kepada masyarakat, KPU Provinsi DKI Jakarta melaksanakan kegiatan pengenalan Rumah Pintar Pemilu (RPP), pada hari Rabu 11 Desember 2019. Kegiatan dipusatkan di Rumah Pintar Pemilu (RPP) yang terletak di Lantai 1 Kantor KPU Provinsi DKI Jakarta jalan Salemba Raya nomor 15 Jakarta.

Pada kesempatan ini beberapa elemen masyarakat hadir untuk mengikutinya, yaitu dari Kesbangpol Provinsi dan Kota se-DKI Jakarta, Dinas Pendidikan Provinsi dan Kota se-DKI Jakarta, Asosiasi Dosen Indonesia (ADI), Perwakilan Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan beserta Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dari beberapa perguruan tinggi di DKI Jakarta, serta Perwakilan  Kepala SMA/SMK beserta pengurus OSIS di DKI Jakarta.

Ketua KPU Provinsi DKI Jakarta, Betty Epsilon Idroos dalam sambutannya menjelaskan tentang banyaknya manfaat yang bisa di dapat dari RPP tersebut. “Di RPP yang telah dibentuk dan telah diresmikan dapat dilihat sejarah perjalanan pemilu yang telah dilaksanakan oleh bangsa Indonesia, dan tentu saja pelaksanaan Pilkada yang telah berlangsung di DKI Jakarta” Kata Betty. “Penjelasan-penjelasan seputar pemilu tersebut di RPP dikemas dalam bentuk yang beraneka macam sehingga tidak akan membosankan bagi pengunjung. Mulai dari prasasti, tulisan, buku-buku, jurnal, foto-foto dokumenter sampai berupa audio visual” Pungkasnya.

Setelah acara pembukaan, pengunjung dipandu oleh petugas untuk meninjau dan memperhatikan seluruh ruangan yang ada. Di RPP KPU Provinsi DKI Jakarta terdapat beberapa ruang yang mempunyai fungsi yang berbeda, ruang display memuat informasi tentang hasil pemilu, profil KPU dan komisionernya serta prasasti-prasasti dari pemilu ke pemilu. Di ruangan ini pula tersedia beberapa unit komputer yang telah diisi database hasil pemilu, profil-profil penyelenggara pemilu dari tingkat provinsi sampai dengan PPK dan PPS. Pengunjung dapat mengoperasikan sendiri komputer-komputer tersebut untuk mencari informasi yang terdapat dalam di dalamnya.

Berikutnya adalah ruang audio visual. Di mana dalam ruang ini pengunjung bisa melihat beberapa pemutaran film dokumenter pemilu dan penjelasan lain terkait pemilu dalam bentuk audio visual. Di sebelah ruang audio visual terdapat ruang diskusi dan media center. Ruangan ini cukup besar sehingga mampu untuk menampung lebih dari 30 orang untuk berdiskusi. Sedangkan ruang terakhir adalah ruang simulasi. Ruang simulasi ini dilengkapi dengan perangkat elektronik yang bisa digunakan untuk melakukan simulasi dan praktik pelaksanaan pemilihan secara elektronik.

Pada kesempatan kegiatan pengenalan RPP ini undangan sangat antusias mencoba mengikuti simulasi pemilihan dengan metode e-votting. KPU Provinsi DKI Jakarta dapat memfasilitasi pelaksanaan pemilihan ketua OSIS, BEM atau pemilihan lain dengan menggunakan perangkat e-votting yang dimiliki oleh RPP KPU Provinsi DKI Jakarta ini.

Perangkat e-votting ini dapat dipinjam oleh BEM, OSIS atau yang lain untuk melaksanakan pemilihan ketua Lembaga mahasiswa di kampus-kampus atau organisasi siswa pada sekolah-sekolah. (Mzb)
File Lampiran :