KPU Provinsi DKI Jakarta Selenggarakan Training of Trainer Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilu 2019 bagi PPK se-DKI Jakarta

18-03-2019    16:00:00 Dibaca : 780 x

Kpujakarta.go.id (18/03). KPU Provinsi DKI Jakarta selenggarakan Training of Trainer (ToT) Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilihan Umum Tahun 2019. ToT ini diikuti oleh satu orang perwakilan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se-Provinsi DKI Jakarta dan Perwakilan KPU Kabupaten/Kota se-DKI Jakarta. Acara ini dilaksanakan di Hotel Merlynn Park Jakarta Pusat pada hari Senin 18 Maret 2019 mulai pukul 14.00 dan dijadwalkan selesai besoknya Selasa 19 Maret 2019 pukul 11.00.

ToT ini dibuka oleh Ketua KPU Provinsi DKI Jakarta Betty Epsilon Idroos. Dalam sambutannya Betty mengatakan ToT ini bertujuan untuk melatih Trainer yang akan memberikan Bimbingan Teknis bagi Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan KPPS. “Kita harus satu suara dalam memahami aturan terkait pemungutan dan penghitungan suara, mulai dari tingkat Provinsi sampai ke KPPS” ujar Betty.

ToT ini diawali dengan memberikan pretest bagi setiap peserta, untuk mengetahui tingkat pemahaman mereka terhadap aturan Pemungutan dan penghitungan suara. Selanjutnya peserta mendapatkan paparan materi pemungutan suara dan penghitungan suara di TPS serta suara sah dan tidak sah, jenis-jenis formulir serta logistic turun dan logistic naik, simulasi pengisian C1, simulasi penataan denah serta alur kerja pemungutan suara dan denah penghitungan suara, dan diakhiri simulasi pengisian kotak suara naik ke PPK.

Materi bimtek  dapat diunduh di https://goo.gl/2MJ2Sj
File Lampiran :