KPU Provinsi DKI Jakarta Sosialisasikan Tata Cara Penyerahan Dukungan Perseorangan DPD RI Dapil DKI Jakarta

04-04-2018    19:50:00 Dibaca : 1007 x

Kpujakarta.go.id (04/04). KPU Provinsi DKI Jakarta mengadakan Sosialisasi Tahapan, Tata Cara dan Prosedur Penyerahan Dukungan Perseorangan Calon Peserta Anggota DPD RI Daerah Pemilihan DKI Jakarta dan Sistem Informasi Pencalonan Perseorangan Pemilu (SIPPP). Acara ini dilaksanakan di Kantor KPU Provinsi DKI Jakarta Jalan Salemba Raya Nomor 15 Jakarta Pusat. Sosialisasi yang dimulai pukul 14.00 – 18.00 ini dihadiri oleh Ketua dan Anggota Bawaslu, Kesbangpol Provinsi DKI Jakarta, dan 120 orang peserta yang mewakili 40 orang bakal calon DPD RI.

Sosilalisasi ini dibuka oleh Plt. Ketua KPU Provinsi DKI Jakarta Moch Sidik. Dalam sambutannya, Moch Sidik mengatakan pentingnya sosialisasi ini agar para Bakal calon beserta Liaison Officer (LO) dan Operator SIPPP memahami langkah-langkah yang harus dilakukan dalam mempersiapkan pendaftaran dan penyerahan syarat dukungan perseorangan. “KTP dukungan yang disampaikan ke KPU DKI Jakarta harus berasal dari pemilih yang benar-benar memberi dukungan, karena jika ditemui dukungan ganda atau dukungan fiktif, maka hal ini akan merugikan bakal calon Anggota DPD sendiri. Dukungan tersebut akan dicoret untuk dukungan yang ditemukan ganda. Sedangkan bagi dukungan yang tidak benar, maka pada saat verifikasi faktual satu dukungan akan mengurangi jumlah dukungan sebanyak 50 dukungan.” Pungkas Sidik.

Sementara Ketua Bawaslu M Jufri mewanti-wanti para bakal calon anggota DPD RI agar mengikuti aturan main dengan sebaik-baiknya. “Setiap pelanggaran yang disengaja seperti dukungan fiktif atau pemalsuan dokumen akan berakibat sanksi pidana bagi pelanggarnya.” Ujar Jufri.

Pada sosialisasi ini, dipaparkan materi mengenai Tahapan Pencalonan DPD oleh Betty Epsilon, Tata Cara Penyerahan Dukungan oleh Dahlia dan Bimtek SIPPP oleh Hangga Pramaditya. Materi sosialisasi dapat diunduh di https://goo.gl/Sk6CwJ.
File Lampiran :