Pengumuman Call For Paper Evaluasi Pemilu Serentak 2019

27-09-2019    08:00:00 Dibaca : 156 x

kpujakarta.go.id - KPU telah selesai menyelenggarakan Pemilu Serentak Tahun 2019, tentu ada banyak catatan, pengalaman dan pelajaran yang bisa diambil dari penyelenggaraan Pemilu Serentak tahun 2019 tersebut.
Oleh Karena itu, KPU mengundang masyarakat luas untuk terlibat aktif dalam proses evaluasi Pemilu 2019 tersebut, yang prosesnya akan dilaksanakan melalui Call For Papper. Makalah yang dinyatakan layak oleh panitia akan dipresentasikan dalam Konfrensi Nasional Tata Kelola Pemilu Indonesia.

Terdiri dari 3 tema , yakni:
  1. Evaluasi Aspek Hukum Pemilu,
  2. Evaluasi Penyelenggaraan Tahapan Pemilu
  3. Evaluasi Kelembagaan Pemilu
Syarat Peserta :
  • Dosen
  • Peneliti dan Pengamat
  • Mahasiswa Pascasarjana
  • Penyelenggara PemiluMasyarakat Umum.
Peserta harus mencantumkan biodata, fotocopy KTP dan ijazah terakhir minimal S1

Syarat Penulisan :
1. Naskah yang ditulis mencakup hasil penelitian (studi pustaka atau lapangan) tentang Evaluasi Pemilu Serentak 2019 dengan mengutamakan data pada Lembaga-lembaga Penyelenggaraan Pemilu dari tingkat Pusat, Provinsi, Kabupaten/Kota atau badan ad hoc.

2. Naskah ditulis dalam Bahasa Indonesia secara sistematis terdidi dari judul, nama penulis, abstrak beserta kata kunci, kata pengantar, diskusi atau analisis, kesimpulan dan daftar pustaka.

3. Naskah diketik dengan Microsoft Word, ukuran kertas A4, sekitar 3.000-5.000 kata, font Bookman Old Styles, 12 pts dan 1,5 spasi.

4. Tulisan atau naskah dikirimkan ke email evaluasi@kpu.go.id

5. Judul naskah tidak lebih dari 14 kata dalam Bahasa Indonesia, ditulis italic, posisi di tengah, huruf kapital dengan ukuran 14 pts

6. Nama penulis tidak mencantumkan gelar akademik, diikuti oleh nama lembaga penulis, lokasi ditulis di bawah judul. Jika naskah ditulis lebih dari satu penulis, editor hanya menghubungi penulis utama, atau nama penulis pertama yang dicantumkan dalam naskah. Penulis utama wajib mencantumkan alamat kantor atau alamat email.

7. Abstrak ditulis dalam Bahasa Indonesia dengan panjang sekitar 150-200 kata, sedangkan batas pencantuman kata kunci 3-5 kata. Abstrak juga minimal memuat tujuan, metode dan hasil penelitian.

8. Tabel dan gambar harus memiliki judul, nomor dan sumber, ditulis spasi 1. Tabel dan gambar dimuat dalam format hitam putih.

9. Daftar pustaka hanya berisi sumber rujukan. Semua sumber rujukan harus disebutkan dalam daftar. Sumber referensi setidaknya terdiri dari 80% literatur cetak yang diterbitkan dalam 10 tahun terakhir. Referensi adalah sumber dalam bentuk artikel penelitian dalam jurnal atau dalam laporan penelitian (termasuk tesis sarjana, tesis pascasarjana, disertasi, buku, dan publikasi terkait lainnya).

10. Teknik referensi dan mengutip mengikuti teknik referensi yang direduksi (nama belakang, tahun). Dimasukkannya sumber dalam kutipan langsung diikuti oleh informasi tentang nomor halaman dari sumber yang dimaksud. Misalnya: (Laclau 1998, 81).

11. Karya-karya yang tidak dikutip tetapi disebutkan dalam Daftar Pustaka atau Referensi akan dihilangkan oleh editor.

12. Semua data atau kutipan yang disajikan dalam artikel yang diambil dari artikel penulis lain harus melampirkan sumber referensi. Format penulisan yang digunakan mengikuti format yang diterapkan oleh American Political Science Review.

13. Semua naskah yang diterima akan dipelajari dan dinilai oleh Tim Penilai.

Time Line :
1. Pengumuman penulisan makalah : 16-17 September 2019
2. Batas penerimaan naskah : 18 Oktober 2019 pukul 24:00 WIB
3. Pemeriksaan oleh Tim Penilai : 21 Oktober-1 November 2019
4. Pengumuman makalah yang diterima : 5-6 November 2019.


File Lampiran :