Penyerahan Berita Acara Hasil Penelitian Administrasi Dukungan Perseorangan Calon Peserta Pemilu Tahun 2019 KPU Provinsi DKI Jakarta

13-05-2018    17:00:00 Dibaca : 733 x

Kpujakarta.go.id(13/05) KPU Provinsi DKI Jakarta melakukan Penyerahan Berita Acara Hasil Penelitian Administrasi Dukungan Perseorangan Calon Peserta Pemilu Tahun 2019. Penyerahan ini dilakukan di Kantor KPU Provinsi DKI Jakarta, Jalan Salemba Raya no 15 Jakarta Pusat, pada hari Minggu 13 Mei 2018.

Acara ini dibuka oleh Ketua KPU Provinsi DKI Jakarta Moch Sidik. Dalam sambutannya Moch Sidik mengatakan terdapat 31 Calon yang menyerahkan syarat dukungan untuk diverifikasi, namun ada satu oang yang mengundurkan diri sehingga yang diverifikasi administrasi adalah 30 orang calon DPD. “Berita Acara yang diserahkan berisi hasil Penelitian Administrasi terhadap dukungan calon dan hasilnya adalah terdapat dukungan yang Memenuhi Syarat (MS) dan Tidak Memenuhi Syarat (TMS). Jika calon menerima status TMS, maka harus melakukan perbaikan dukungan dan menyerahkan kembali ke KPU Provinsi DKI Jakarta paling lambat tanggal 20 Mei 2018. Bagi Calon yang status dukungannya MS, maka akan dilanjutkan ke tahap Verifikasi Faktual” pungkas Moch Sidik.

Berita Acara ini merupakan hasil penelitian administrasi dukungan calon anggota DPD RI yang telah menyerahkan dukungan pada tahapan sebelumnya tanggal 22 s.d. 26 April 2018. Dukungan yang telah diserahkan diteiti apakah memenuhi persyaratan yang telah ditentukan seperti jumlah dukungan minimal 3000, sebaran dukungan minimal di 50% Kab/Kota, tidak terdapat dukungan yang Tidak Memenuhi  Syarat (TMS) diantaranya belum memenuhi syarata usia, dukungan berasal dari pendukungan yang tidak diperbolehkan seperti (PNS, TNI, Polri, Penyelenggara Pemilu), pendukung yang mendukung lebih dari satu calon, dukungan ganda, dan tanda tangan dukungan yang tidak sesuai KTP. Setelah dilakukan penelitian administrasi dan dikurangi dengan jumlah dukungan yang TMS dan didapatkan jumlah dukungan calon masih yang lebih dari dukungan minimal, maka dukungan Calon DPD akan dilanjutkan ke tahap Verifikasi Faktual. Namun bagi calon yang dukungannya setelah dikurangi dukungan yang TMS berjumlah kurang dari jumlah dukungan minimal, maka calon tersebut harus melakukan perbaikan dukungan dengan memberikan tambahan dukungan sebanyak minimal selisih kekurangan dukungan minimalnya untuk di verifikasi ulang oleh KPU Provinsi DKI Jakarta.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Divisi Hukum KPU Provinsi DKI Jakarta Dahlia Umar mengatakan pada verifikasi faktual akan dilakukan dengan memverifikasi sampling dukungan sebanyak 10%. Jika dukungan 3000 orang yang MS, maka minimal 300 orang pendukung akan diverifikasi dukungannya, apakah benar-benar mendukung atau tidak. “apabila tidak mendukung, maka mereka akan diminta menandatangani surat pernyataan tidak mendukung. Apabila tidak ditemukan, maka calon atau Tim Sukses Calon harus menghadirkan pendukung untuk diverifikasi oleh KPU Provinsi DKI Jakarta” tutup Dahlia.

File Lampiran :