Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-90 Satukan tekad untuk Pemilu 2019 yang lebih baik

29-10-2018    14:10:00 Dibaca : 45 x

kpujakarta.go.id (28/10) Dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-90 tahun 2018, KPU Provinsi DKI Jakarta beserta KPU Kabupaten/Kota se Provinsi DKI Jakarta melaksanakan Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda di kantor KPU Provinsi DKI Jakarta. Upacara diikuti oleh seluruh Komisioner serta seluruh jajaran Sekretariat KPU Provinsi DKI Jakarta dan KPU Kabupaten/Kota. Hari Sumpah Pemuda ke-90 kali ini mengambil tema “Bangun Pemuda Satukan Indonesia”

Hari Sumpah Pemuda ke-90 kali ini mengambil tema “Bangun Pemuda Satukan Indonesia”. Tema ini diambil atas dasar pentingnya pembangunan kepemudaan untuk melahirkan generasi muda yang beriman, dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, cerdas, keartif, inovatif, madiri, demokratis bertanggung jawab, berdaya saing, serta memiliki jiwa kepemimpinan, kewirausahaan, kepeloporan, dan kebangsaan berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara KEsatuan Republik Indonesia dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Ketua KPU Provinsi DKI Jakarta, Betty Epsilon Idroos, selaku Inspektur Upacara pada kesempatan ini, membacakan naskah pidato peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-90 Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia. Dalam naskah pidato, ada beberapa point penting yang disampaikan, salah satunya adalah tentang pesatnya perkembangan teknologi informasi ibarat dua mata pisau. Satu sisi memberikan jaminan kecepatan informasi sehingga memungkinkan para pemuda untuk meningkatkan kapasitas pengetahuan dalam pengembangan sumber daya serta daya saing, namun pada sisi yang lain perkembangan ini mempunyai dampak negative, informasi-informasi yang bersifat destruktif mulai dari hoax, hate speech, pornografi, narkoba, pergaulan bebas hingg radikalisme dan terorisme juga masuk dengan mudahnya apabila kaum muda tidak dapat membendung dengan filter ilmu pengetahuan serta kedewasaan dalam berbangsa dan bernegara. Selain itu, dalam rangka penyelenggaran Pemilu 2019, peran dan tanggung jawab pemuda dalam menyukseskan proses Pemilu 2019 sangat dibutuhkan. Partisipasi aktif dalam Pemilu 2019 perlu ditingkatkan untuk mewujudkan pemilu yang damai, kredibel, dan berkualitas.

Betty menambahkan, Gerakan Melindungi Hak Pilih sudah selesai pada tanggal 28 Oktober 2018, KPU Provinsi DKI Jakarta dan KPU Kabupaten/Kota diharapkan dapat menyiapkan data pemilih sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP).

“Kesiapan dalam menghadapi permasalahan data pemilih merupakan point penting bagi pemilu 2019, mari kita satukan tekad untuk Pemilu 2019 yang lebih baik” ujar Betty.

File Lampiran :