Persiapkan Gugatan MK, KPU Provinsi DKI Jakarta Gelar Rakor Persiapan Menghadapi PHPU

27-05-2019    20:35:00 Dibaca : 368 x

Kpujakarta.go.id (28/5) KPU Provinsi DKI Jakarta Mengadakan Rapat Koordinasi Persiapan Menghadapi Penyelesaian Sengketa Hasil Pemilihan Umum Tahun 2019 tingkat Provinsi DKI Jakarta. Acara ini dilaksanakan pada 27 s.d. 29 Mei 2019 di Hotel Swiss Belinn Kemayoran Jakarta. Rakor ini dilaksanakan dalam rangka mempersiapkan gugatan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) di Mahkamah Konstitusi (MK). Paska penetapan hasil pemilu nasional tanggal 21 Mei 2019 Oleh KPU RI, terdapat gugatan yang terkait dengan penyelenggaraan Pemilu di Provinsi DKI Jakarta. Dilansir dari situs www.mkri.id, setidaknya terdapat 8 gugatan hasil pemilu DPRD Daerah Pemilihan Provinsi DKI Jakarta, ditambah gugatan Pemilu Presiden.

Rakor dibuka oleh Ketua KPU Provinsi DKI Jakarta Betty Epsilon Idroos. Dalam sambutannya Betty mengatakan rekapitulasi perolehan suara Provinsi DKI Jakarta di tingkat Nasional berjalan lancer, kurang dari 1 jam langsung ditetapkan. Namun untuk penetapan DPRD di beberapa Dapil di DKI Jakarta terdapat setidaknya 8 gugatan. “Harapan saya, dengan rakor ini kita dapat mempersiapkan jawaban atas gugatan PHPU di MK dengan semaksimal mungkin” ujar betty.

Rakor ini diikuti oleh Ketua, Anggota Divisi Hukum, dan Kasubag Hukum KPU Kabupaten Kota se Provinsi DKI Jakarta. Dalam rakor ini juga di sampaikan materi pemaparan dari beberapa narasumber diantaranya Hasyim Asyari (Anggota KPU RI), Rahmad Bagja (Anggota Bawaslu RI), Kompol Nursaid (Bareskrim Polri), Sigit Joyowardono (Karo Hukum KPU RI), dan Dr harjono (Ketua DKPP RI). 

File Lampiran :