RAPAT PLENO TERBUKA REKAPITULASI DAFTAR PEMILIH TETAP PEMILU 2019 TINGKAT PROVINSI DKI JAKARTA

30-08-2018    19:00:00 Dibaca : 820 x

kpujakarta.go.id – KPU Provinsi DKI Jakarta, hari ini (30/8) melaksanakan Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu Tahun 2019 di Hotel Golden Boutique, Jakarta Pusat. Rapat Pleno dihadiri oleh Ketua dan Anggota Bawaslu Provinsi DKI Jakarta, Ketua dan Anggota KPU Kabupaten/Kota, Perwakilan Partai Politik, stakeholder seperti Dinas Dukcapil, Badan Kesbangpol, Kanwil Kemenkumham serta Organisasi Penggiat Pemilu.

Jumlah Pemilih yang terdaftar dalam DPT sebanyak 7.211.891 (tujuh juta dua ratus sebelas ribu delapan ratus sembilan puluh satu) dengan rincian pemilih laki-laki sejumlah 3.596.640 (tiga juta lima ratus sembilan puluh enam ribu enam ratus empat puluh) pemilih dan perempuan sejumlah 3.615.251 (tiga juta enam ratus lima belas ribu dua ratus lima puluh satu) pemilih yang tersebar di 6 (enam) Kabupaten/Kota dengan jumlah TPS sebanyak 28.243 (dua puluh delapan ribu dua ratus empat puluh tiga) TPS.

Ketua Divisi Perencanaan dan Data KPU Provinsi DKI Jakarta, Partono mengatakan sebelum menetapkan DPT, KPU DKI Jakarta telah melakukan beberapa hal seperti menerima masukan dan tanggapan Masyarakat, menindaklanjuti data invalid dan ganda, melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap penghuni panti sosial psikotik dan melakukan koordinasi dengan Kanwil Kemenkumham Provinsi DKI Jakarta dan Kepala Lapas dan Rutan terkait data warga binaan Lapas Rutan se-DKI Jakarta. “Penghuni lapas rutan yang telah diverifikasi NIK dan NKK didaftarkan di DPT sesuai dengan alamat asal pemilih. Ada 967 penghuni lapas dan rutan yang elemen NIK dan NKK lengkap dan sudah masuk di DPT tempat asal. Sedangkan Penghuni Lapas/Rutan yang berasal dari luar wilayah Lapas/Rutan akan didaftar dalam DPTb. Saat ini KPU RI sedang mempersiapkan regulasi pelayanan bagi pemilih DPTb di Lapas/Rutan” ujarnya.

Sementara untuk penghuni panti sosial, Ketua KPU Provinsi DKI Jakarta, Betty Epsilon Idroos menjelaskan bahwa KPU Provinsi DKI Jakarta bersama Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta telah melakukan pemeriksaan terhadap Penghuni Panti Sosial yang memiliki gangguan Jiwa (Psikotik). “Penghuni panti jenis Psikotis yang didaftarkan dalam DPT adalah mereka yang telah direkomendasikan oleh Dokter. Saat ini TPS di panti sosial berjumlah 3 di Jaktim dan 1 di Jakbar, selebihnya pemilih panti sosial terdaftar di TPS warga terdekat” kata Betty.

File Lampiran :
 
1. BERITA ACARA REKAPITULASI DAFTAR PEMILIH TETAP (DPT) PEMILIHAN UMUM TAHUN 2019