2017-12-19    17:30:00   Dibaca : 244 x

DPW Partai Perindo DKI Jakarta Menjadi Partai Pertama Yang Diverifikasi Faktual KPU Provinsi DKI Jakarta

Share :

Kpujakarta.go.id(19/12) KPU Provinsi DKI Jakarta hari ini melakukan Verifikasi Faktual terhadap DPW Partai Perindo Provinsi DKI Jakarta. Verifikasi dilakukan oleh Tim Verifikator yang terdiri dari Ketua Sumarno, dan Anggota KPU Provinsi DKI Jakarta Moch Sidik, Mohamad fadlilah, dan Betty Epsilon Idroos, beserta pegawai sekretariat. Proses Verifikasi ini juga saksikan oleh Tim Bawaslu Provinsi DKI Jakarta. Tim Verifikasi KPU Provinsi DKI Jakarta diterima oleh pengurus DPW Perindo DKi Jakarta yaitu Ketua Sahrianta Tarigan, Sekretaris Ramdan Alamsyah, Bendahara Hendi Chandra, beserta pengurus lainnya.

Verifikasi dilakukan untuk membuktikan keabsahan dan kebenaran persyaratan partai politik yang meliputi Jumlah dan susunan kepengurusan Partai Politik tingkat Provinsi, Pemenuhan 30% keterwakilan perempuan kepengurusan, domisili dan status kantor sampai tahapan terakhir Pemilu. KPU Provinsi DKI Jakarta melakukan pengecekan kesesuaian susunan Kepengurusan dengan melihat SK, KTP, dan KTA asli pengurus inti, pemenuhan 30% keterwakilan perempuan kepengurusan, dan melihat dokumen terkait domisili dan status kantor. Sumarno mengatakan dari hasil verifikasi yang dilakukan, DPW Perindo Provinsi DKI Jakarta memenuhi persyaratan yang diatur dalam pasal 31 dan 33 Peraturan KPU nomor 11 tahun 2017 tentang Pendaftaran, Verifikasi, dan Penetapan partai Politik Peserta Pemilihan Umum Anggota DPR dan DPRD. “Partai Perindo memenuhi syarat verifikasi, di mana verifikasi tersebut mencangkup tiga hal yaitu, tentang kepengurusan, 30% keterwakilan perempuan dan domisili status kantor," ujar Sumarno di DPW Perindo DKI Jakarta, Jalan Abul Muis, Jakarta Pusat, Selasa (19/12/2017).

Sementara Anggota Bawaslu Provinsi DKI Jakarta Puadi mengatakan Bawaslu dengan atau tanpa diundang akan selalu mengawasi setiap proses yang dilakukan oleh Penyelenggara Pemilu yaitu KPU dalam verifikasi Partai Politik. “Pada Verifikasi terhadap Partai Perindo ini tidak ditemukan pelanggaran prosedur oleh KPU DKI. Semua dilakukan sesuai SOP yang telah ditetapkan” pungkas Puadi