2017-12-30    19:00:00   Dibaca : 250 x

KPU PROVINSI DKI JAKARTA LAKUKAN VERIFIKASI FAKTUAL TERHADAP DPD PARTAI GARUDA DAN DPW PARTAI BERKARYA TINGKAT PROVINSI DKI JAKARTA

Share :

Kpujakarta.go.id(30/12). KPU Provinsi DKI Jakarta hari ini (19/12/2017) melakukan Verifikasi Faktual (Vertual) terhadap dua partai baru berdasarkan Keputusan KPU RI Nomor 233/PL.01.1-Kpt/03/KPU/XII/2017 tentang Pelaksanaan putusan Bawaslu RI Nomor 001/PS.REG/BAWASLU/XII/2017 dan Nomor 002/PS.REG/BAWASLU/XII/2017 yang salah satunya menetapkan Tata Cara Verifikasi Faktual terhadap Partai Garuda dan Partai Berkarya tingkat KPU, KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota.

Verifikasi Faktual kali ini diawali dengan mendatangi kantor DPD Partai Garuda Tingkat Provinsi DKI Jakarta di Kwitang Jakarta Pusat. Tim Verifikator KPU Provinsi DKI Jakarta terdiri dari Ketua KPU Provinsi DKI Jakarta Sumarno, didampingi Anggota KPU Provinsi DKI Jakarta Betty Epsilon Idroos, Moch Sidik, dan Mohamad Fadlilah serta jajaran pegawai sekretariat. Verifikasi ini juga di saksikan oleh Ketua Bawaslu Provinsi DKI Jakarta  M Jufri dan Anggota Bawaslu DKI Jakarta Siti Khopipah serta jajaran sekretariat. Tim Verifikator KPU Provinsi DKI Jakarta disambut oleh Pengurus Inti DPD Partai Garuda Tingkat Provinsi DKI Jakarta diantaranya Ketua Iwan Assaari, Sekretaris Benny Jauw, Bendahara Thamrin Mahmud beserta pengurus lainnya.

Dalam sambutannya, Ketua KPU Provinsi DKI Jakarta Sumarno mengatakan bahwa Verifikasi ini bertujuan untuk mengecek keabsahan tiga hal. Pertama mengetahui Keberadaan dan kesesuaian pengurus inti dengan SK dari DPP Partai melalui pengecekan SK Kepengurusan, KTP, dan KTA Pengurus Inti, kedua tentang tercukupinya keterwakilan perempuan 30% dalam struktur kepengurusan, dan ketiga mengenai domisili dan status kantor. Sementara Ketua Bawaslu DKI Jakarta M Jufri menyampaikan bahwa Bawaslu hanya mengawasi proses yang dilakukan oleh KPU Provinsi DKI Jakarta sesuai dengan standar yang telah ditetapkan oleh KPU RI.

Dari hasil verifikasi yang dilakukan terhadap DPD Partai Garuda Provinsi DKI Jakarta, KPU Provinsi DKI Jakarta mendapatkan kesesuaian terhadap semua persyaratan yang diverifikasi. Hasil resmi akan disampaikan oleh KPU Provinsi DKI Jakarta pada hari Selasa tanggal 2 Januari 2018.

Setelah melakukan verifikasi faktual terhadap DPD Partai Garuda Provinsi DKI Jakarta, Tim Verifikator KPU Provinsi DKI Jakarta melanjutkan verifikasi terhadap DPW Partai Berkarya tingkat Provinsi DKI Jakarta. Verifikasi dilakukan di kantor DPW Partai Berkarya tingkat Provinsi DKI Jakarta di daerah Ciracas Jakarta Timur. Tim Verifikator KPU Provinsi DKI Jakarta yang terdiri dari Ketua dan seluruh Anggota KPU Provinsi DKI Jakarta beserta Ketua Bawaslu Provinsi DKI Jakarta disambut oleh pengurus inti DPW Partai Berkarya tingkat Provinsi DKI Jakarta Ketua Indira Ratna Ningsih, Sekretaris Achmad Azran, Bendahara Soekirno, dan jajaran pengurus lainnnya.

Proses Verifikasi Faktual yang dilakukan masih terhadap tiga hal penting yaitu kepengurusan, keterwakilan perempuan, dan status gedung kantor. Dari hasil verifikasi yang dilakukan oleh Tim Verifikator KPU Provinsi DKI Jakarta, Partai besutan Hutomo Mandala Putra yang biasa dikenal dengan Tommy Soeharto ini dapat memperlihatkan semua dokumen yang diminta. Sedangkan hasil resmi Verifikasi Faktual akan disampaikan pada tanggal 2 Januari 2018.