2017-10-04    07:50:00   Dibaca : 456 x

KPU PROVINSI DKI JAKARTA MENGGELAR SIMULASI PENERIMAAN PENDAFTARAN PARTAI POLITIK UNTUK WILAYAH PROVINSI DKI JAKARTA

Share :

kpujakarta.go.id  - KPU Provinsi DKI Jakarta bersama KPU Kabupaten/Kota se-Provinsi DKI Jakarta menggelar simulasi penerimaan pendaftaran partai politik untuk wilayah Provinsi DKI Jakarta. Simulasi ini berlangsung pada hari Selasa 3 Oktober 2017 mulai pukul 10.00 sampai pukul 17.00 di Ruang Rapat lantai 2 KPU Provinsi DKI Jakarta.

Kegiatan ini dilakukan dalam rangka mempersiapkan tahapan Pendaftaran Partai Politik dan Penyerahan Syarat Pendaftaran tanggal 3-16 Oktober 2017. Dalam kegiatan ini disimulasikan proses penerimaan Kartu Tanda Anggota partai politik, pelaksanaan verifikasi administrasi, langkah-langkah yang dilakukan dalam melakukan verifikasi faktual, dan penyusunan berita acara.

Seperti yang telah di atur dalam PKPU nomor 7 tahun 2017 mengenai Tahapan, Program, dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Umum tahun 2019, pada bulan Oktober 2017 ini telah dimulai proses pendaftaran dan verifikasi partai politik yang akan menjadi peserta pemilu tahun 2019. Setiap partai politik wajib mendaftar ke KPU RI, baik partai baru maupun partai peserta pemilu 2014.

Khusus bagi partai politik peserta Pemilu tahun 2014, proses pendaftarannya di awali dengan penyerahan surat pendaftaran oleh DPP Partai Politik ke KPU RI. Berkas persyaratan berupa dokumen daftar nama anggota dan bukti berupa salinan KTA dan eKTP diserahkan oleh Pengurus Parpol kab/kota ke KPU Kab/Kota. KPU RI dan KPU Kab/Kota akan melakukan penelitian administratif terhadap berkas persyaratan yang di serahkan parpol. Verifikasi faktual oleh KPU Prov dan KPU Kab/kota dilakukan terbatas di daerah baru untuk memenuhi persyaratan 100% provinsi dan 75% kab/kota.